Ada Jerawat di Lengan, Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Ada Jerawat di Lengan, Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Hadirnya jerawat memang bukan hal yang menyenangkan, bagaimana tidak benjolan kecil berwarna merah tersebut sering kali membuat seseorang tidak percaya diri. Belum lagi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh jerawat. 

Tetapi, jerawat tidak hanya muncul di wajah saja. Beberapa tempat sering kali menjadi tempat yang nyaman untuk tumbuhnya jerawat, seperti jerawat di lengan atau punggung. Sebenarnya apa penyebab dari jerawat tersebut dan bagaimana cara menghilangkannya? 

Jerawat di lengan

Memiliki jerawat di lengan kerap kali membuat Anda tidak percaya diri saat menggunakan baju tanpa lengan. Hampir sama dengan jerawat lainnya, jerawat yang berada di lengan ini tidak berbahaya dan sangat umum terjadi. 

Kondisi ini pun sering kali disamakan dengan masalah kulit yang bernama keratosis pilaris, hal ini disebabkan oleh protein yang menumpuk atau berlebihan di sekitar folikel rambut di kulit. Hasilnya, muncul benjolan yang kasar dan berwarna putih, coklat, atau merah. Umumnya, jerawat ini akan muncul di lengan atas, tetapi bisa juga muncul di tempat lain, seperti paha atau wajah. 

Benjolan ini sering kali terjadi pada remaja dan anak-anak yang sedang tumbuh besar. Namun, bagi sebagian individu memiliki risiko yang lebih besar memiliki benjolan ini, misalnya seperti orang dengan eksim. 

Bagaimana cara mengatasinya jerawat di lengan?
Meskipun  jerawat dapat hilang dengan sendirinya, namun tetap saja Anda ingin menghilangkannya secepatnya.  Nah, berikut cara mengatasi jerawat pada lengan dengan menggunakan lotion yang mengandung tiga bahan berikut:

  • Ceramide. Protein ini membantu kulit menahan kelembapan. Pelembab dengan ceramide dapat membantu mengurangi tekstur kasar pada kulit orang yang mengalami jerawat. Bahan ini juga membantu melawan eksim, jadi dapat digunakan untuk mengatasi eksim kulit. 
  • Urea. Urea adalah molekul alami yang membantu melarutkan protein keratin yang mengikat folikel. Pelembab dengan kandungan urea ini banyak dijual di apotek. Jika Anda mengunjungi dokter kulit, mereka pun dapat meresepkan krim tersebut dengan konsentrasi urea yang lebih tinggi. 
  • Ammonium laktat. Bahan ini juga dapat membantu melarutkan penumpukan yang menyebabkan benjolan dan kemerahan pada jerawat pada lengan. Bahan ini mungkin ini agak sedikit lengket. 

Lakukan beberapa cara berikut di rumah untuk mengatasi jerawat pada lengan, seperti:

  • Lakukan tindakan pencegahan seperti kekeringan kulit yang berlebihan, terutama di musim dingin yang lebih kering
  • Gunakan sabun lembut untuk kulit Anda
  • Oleskan kulit dengan lotion atau krim khusus yang mengandung ammonium laktat dan beberapa kandungan lain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya
  • Lakukan pijatan lembut lotion ke area yang terkena dua kali sehari

Jangan lakukan ini pada jerawat:

  • Jangan gunakan sabun atau pembersih yang keras
  • Jangan menggosok dengan kasar dan mencoba mengikis kulit
  • Jangan berharap hasil langsung dengan krim topikal
  • Jangan mengabaikan dan lakukan pencegahan

Untuk melakukan pencegahan, ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan kulit yang dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Kebersihan yang baik dapat mencegah kotoran dan keringat yang menyumbat pori-pori. Penting untuk mandi setelah berolahraga, dan mencuci pakaian secara teratur. 

Selain itu, sering menyentuh kulit dapat memindahkan lebih banyak minyak dan bakteri ke kulit dan infeksi pori. Apalagi jika Anda memencet jerawat, hal tersebut dapat merusak kulit dan dapat menyebabkan infeksi. Melakukan perawatan kulit dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Anda bisa menggunakan sabun lembut ataupun pelembab kulit setelah mandi. 

Jadi, jerawat di lengan jarang sekali menyebabkan komplikasi. Namun, perubahan warna kulit sementara yang disebut hipopigmentasi pascainflamasi atau hiperpigmentasi dapat terjadi setelah benjolan merah yang meradang kembali membaik atau kambuh sementara. Jadi, menjaga kulit tetap bersih dan lembap dapat Anda lakukan untuk menghindari jerawat muncul di lengan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*