Apa Saja Ciri-Ciri Bipolar?

Bipolar adalah salah satu jenis gangguan kepribadian dimana seseorang mengalami gangguan mental yang memicu perubahan suasana hati mereka secara ekstrem. Ciri-ciri bipolar yang dialami penderita merasakan kesenangan atau kesedihan seolah-olah mereka kelebihan energi.

Orang-orang yang menderita bipolar, yang sedang memasuki fase mania, akan terlihat sangat berbeda dengan orang-orang yang menderita bipolar dalam fase depresi. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa seseorang yang menderita gangguan seperti ini memiliki kepribadian ganda.

Orang-orang yang menunjukkan ciri-ciri bipolar seperti ini sebaiknya segera menjalani pemeriksaan oleh dokter spesialis jiwa. Dokter spesialis jiwa dapat membantu orang-orang yang menderita gangguan bipolar untuk menjalani kehidupannya sehari-hari dengan lancar tanpa merasakan perasaan yang ekstrem.

Ciri-ciri bipolar pada umumnya menunjukkan gejala yang berbeda, ada yang mengalami gejala episode mania, namun juga ada yang mengalami gejala depresi. Ada juga orang yang mengalami kedua gejala tersebut.

Ciri-Ciri Bipolar

Selain itu, orang-orang yang mengalami gangguan bipolar tidak setiap saat menunjukkan gejala seperti ini. Beberapa penderita mengalami gangguan bipolar beberapa kali dalam hidupnya. Untuk informasi lebih lanjut, berikut adalah ciri-ciri seseorang yang menunjukkan gangguan bipolar:

  • Bipolar episode mania

Seseorang yang mengalami bipolar episode mania akan merasakan peningkatan drastis pada energinya. Tidak hanya itu, mereka juga akan merasakan euforia dan kreativitasnya yang meningkat. Dengan kata lain, orang-orang yang menunjukkan gejala ini terlihat hiperaktif. Ciri-ciri yang menunjukkan seseorang mengalami bipolar episode mania adalah sebagai berikut:

  • Merasa sangat bahagia dalam jangka lama.
  • Merasa tidak butuh tidur.
  • Berbicara dengan cepat.
  • Tidak bisa diam di tempat.
  • Sangat mudah teralihkan pikirannya.
  • Menganggap kemampuannya yang berlebihan atau overconfidence.
  • Cenderung melakukan risiko tinggi seperti bermain judi.
  • Bipolar episode depresi

Orang-orang yang mengalami bipolar episode depresi menunjukkan gejala yang berbeda dengan bipolar episode mania. Alih-alih menunjukkan perasaan gembira, orang-orang yang mengalami jenis bipolar ini menunjukkan perasaan sedih. Ciri-ciri orang yang mengalami bipolar episode depresi adalah sebagai berikut:

  • Merasa sedih dan tidak punya harapan untuk hidup dalam jangka waktu yang panjang.
  • Tidak tertarik lagi dengan melakukan apa yang sebelumnya dianggap menyenangkan.
  • Cenderung menjauh dari teman atau keluarga.
  • Nafsu makan berubah secara drastis.
  • Merasa sangat lelah.
  • Kurangnya konsentrasi.
  • Cenderung ingin mengakhiri hidup dengan memikirkan kematian.

Cara Untuk Mengatasi Bipolar

Jika Anda mengalami gangguan bipolar, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan untuk mengetahui jika ada yang salah dengan kondisi mental Anda. Dokter kemudian akan menganalisis lebih mendalam masalah Anda.

Setelah itu, Anda perlu menjalani pemeriksaan tambahan berupa tes urine dan tes darah, untuk mengetahui jika Anda menunjukkan ciri-ciri bipolar, atau menunjukkan adanya gangguan yang disebabkan oleh penggunaan obat.

Itulah ciri-ciri bipolar yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengalami gangguan bipolar, Anda sebaiknya jangan menganalisa diri, namun mintalah bantuan dari dokter supaya Anda dapat menjalani kehidupan yang lebih baik.

Jika ciri-ciri bipolar terjadi secara terus-menerus, maka Anda tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga dapat merugikan orang lain. Oleh karena itu, jika Anda merasa kesusahan dalam menjalani hidup, Anda sebaiknya jangan terus mencari solusi sendiri. Anda pasti membutuhkan bantuan orang lain untuk mengatasi masalah yang Anda alami.

Setiap orang yang mengalami masalah, dimana mereka menunjukkan ciri-ciri bipolar, pasti ada jalan keluar. Mereka hanya ikuti arahan dokter agar mereka berada di jalur yang tepat untuk menjalani hidup.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*