Cara Sederhana untuk Mendapatkan Motivasi Kerja

Hampir semua orang pernah menghadapi hari-hari di kantor dan tidak merasa termotivasi untuk bekerja. Ditambah lagi ditengah pandemi yang sedang berlangsung selama ini. Lalu bagaimana cara mendapatkan motivasi kerja?

Ketika Anda kurang antusias, satu hari untuk kerja bisa terasa seperti perjuangan yang berat. Kemerosotan motivasi yang bertahan lama dapat membuat Anda stres, merasa bersalah bahwa Anda tidak melakukan cukup banyak untuk karir Anda.

Efeknya pada kesejahteraan Anda bisa bermacam-macam, Anda mungkin sulit tidur, mendapati diri Anda sakit, atau melihat penurunan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. 

Motivasi diri sendiri yang efektif adalah salah satu hal utama yang membedakan profesional berprestasi dari orang lain. Jadi bagaimana Anda bisa terus maju, bahkan ketika Anda tidak menginginkannya?

Terdapat beberapa cara untuk memotivasi diri Anda secara intrinsik, berikut beberapa cara motivasi untuk bekerja:

  • Ingatkan diri Anda pada gambaran yang lebih besar

Sebagian besar dari Anda mungkin dipaksa untuk bekerja keras setiap hari. Kebanyakan orang memiliki inspirasi yang terpusat dalam hidup mereka, inspirasi yang hadir dalam pikiran Anda mendorong Anda untuk bekerja keras sehingga Anda memiliki motivasi untuk bekerja. 

  • Ubah tujuan besar menjadi tujuan yang lebih kecil

Yang menghancurkan motivasi kerja pada banyak orang adalah perasaan kewalahan oleh tugas yang dihadapi melihat proyek baru dan berpikir, tidak akan pernah bisa menyelesaikannya. Anda dapat melawan kecenderungan ini dengan memecah satu proyek besar menjadi tujuan yang lebih kecil, sehingga Anda memiliki motivasi untuk kerja lebih keras dalam meraih tujuan-tujuan tersebut.

  • Apresiasi diri Anda ketika Anda mencapai tujuan tersebut

Tentu saja, satu aspek kunci dari pekerjaan Anda adalah memberi penghargaan kepada diri sendiri ketika Anda mencapai “level” baru tertentu. 

Memotivasi diri Anda sendiri di tempat kerja bukan hanya membuatnya berhasil. Motivasi kerja lebih mengacu tentang mendorong diri Anda untuk menjadi lebih baik pada sesuatu yang menarik minat Anda, dan berfokus pada tumbuh sebagai seorang individu.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*