Lakukan Tes Hepatitis C Apabila Memiliki Gejala Ini

Tertular virus hepatitis C (HCV) dapat membuat Anda menderita penyakit hepatitis C, yang mana merupakan sebuah penyakit menular yang membuat hati meradang. Hepatitis C dapat bersifat akut (jangka pendek), terjadi selama beberapa minggu hingga 6 bulan, dan kronis (jangka panjang). Penyakit hepatitis C kronis dapat menyebabkan kerusakan hati yang tidak dapat diobati serta kanker hati. Hepatitis C menyebar lewat kontak langsung dengan darah yang terinfeksi. Anda perlu melakukan tes hepatitis C apabila Anda pernah bertukar jarum suntik (penggunaan tattoo dan obat-obatan terlarang), tersuntik jarum secara tidak sengaja di rumah sakit bagi petugas kesehatan, berbagi pisau cukur dan sikat gigi, serta melakukan hubungan seks dengan orang yang menderita hepatitis C. Ibu hamil yang menderita hepatitis C juga dapat menularkan virus tersebut ke bayi.

Gejala hepatitis C

Di Amerika Serikat sendiri, ada sekitar 4 juta orang yang menderita hepatitis C, dengan 80 persen di antaranya tidak menunjukkan gejala apapun pada tahap awal penyakit ini berkembang. Akan tetapi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hepatitis C dapat berubah menjadi sebuah kondisi yang kronis pada 75 hingga 85 persen orang-orang yang terpapar virus ini. Beberapa gejala hepatitis akut di antaranya adalah demam, pusing, hilangnya nafsu makan, mual dan muntah, dan rasa sakit pada perut. Anda perlu melakukan tes hepatitis C apabila Anda menderita gejala-gejala tersebut. Sementara itu, hepatitis kronis dapat menyebabkan sirosis dan memiliki gejala-gejala seperti:

  • Penyakit kuning

Penyakit kuning adalah sebuah kondisi ketika kulit dan bagian putih mata berubah warna menjadi kuning. Hal ini terjadi ketika terlalu banyak bilirubin (pigmen kuning) di dalam darah. Bilirubin adalah produk sampingan dari sel darah merah yang dipecah. Biasanya, bilirubin dipecah di hati untuk kemudian di keluarkan dari tubuh lewat kotoran. Akan tetapi, ketika rusak, hati tidak dapat memproses bilirubin dengan benar, untuk kemudian menumpuk di saluran darah dan menyebabkan kulit dan mata menjadi menguning.

  • Spider angioma

Kondisi ini menunjukkan pembuluh darah yang berbentuk seperti laba-laba di bawah permukaan kulit. Spider angioma diasosiakan dengan meningkatkan kadar estrogen. Kondisi ini dapat terlihat pada orang-orang yang sehat, terutama anak-anak, dan pada mereka yang menderita hepatitis C. Pada penderita hepatitis C, saat hati rusak, kadar estrogen pun akan ikut naik. Spider angioma umumnya akan muncul pada wajah di dekat tulang pipi, tangan, telapak tangan, telinga, dan dinding dada atas. Spider angioma biasanya akan hilang saat kondisi Anda semakin membaik. Apabila spider angioma muncul, lakukan tes hepatitis C untuk memastikan apakah Anda menderita hepatitis C atau tidak.

  • Asites

Asites merupakan penumpukan cairan berlebih di perut yang membuat perut terlihat membengkak seperti balon. Asites merupakan gejala hepatitis C yang muncul penderita penyakit hati stadium lanjut. Saat hati terluka, fungsi hati akan berkurang, menyebabkan penumpukan tekanan di pembuluh darah. Tekanan berlebih ini disebut dengan istilah hipertensi portal dan dapat menyebabkan cairan menumpuk di perut.

Hepatitis C kronis jarang menunjukkan gejala pada tahap awal perkembangannya. Kondisi ini dapat disembuhkan apabila didiagnosa sejak dini dan dirawat secepatnya. Karena itulah tes hepatitis C perlu dilakukan apabila Anda menderita gejala-gejala tersebut di atas. Setelah mendapatkan perawatan, dokter akan memeriksa darah Anda setelah beberapa bulan untuk memastikan apakah virus tersebut telah hilang.

Read More

Obat Batu Ginjal Alami dan Efektif

Batu ginjal merupakan gangguan kesehatan yang umum dijumpai. Mengeluarkan batu ini dari dalam tubuh dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Sayangnya, mereka yang pernah menderita batu ginjal memiliki kemungkinan untuk menderita penyakit ini kembali di kemudian hari. Untungnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko tersebut, sekaligus sebagai bentuk perawatan batu ginjal. Artikel ini akan membahas obat batu ginjal alami sebagai bentuk perawatan rumahan yang bisa Anda lakukan. Namun, penting untuk diingat. Bicarakan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum melakukan hal-hal tersebut di bawah ini. Dokter akan memberitahu apakah perawatan rumahan tersebut cocok untuk kondisi Anda atau malah dapat membuat komplikasi tambahan yang baru.

Tetap terhidrasi adalah kunci

Meminum banyak air adalah obat batu ginjal pertama dan bagian penting dalam mengeluarkan dan mencegah batu ginjal baru untuk terbentuk kembali. Cairan tidak hanya akan membersihkan racun dari tubuh, tetapi juga membantu menggerakkan batu ginjal dari saluran kemih. Tambahkan asupan air Anda, yang biasanya hanya 8 gelas sehari menjadi 12 gelas sehari untuk mempercepat pengeluaran batu ginjal. Setelah batu ginjal berhasil keluar, Anda tetap disarankan meminum 8 hingga 12 gelas air setiap harinya karena dehidrasi merupakan faktor risiko utama penyebab terbentuknya batu ginjal. Anda juga perlu memperhatikan warna air seni. Warna air seni yang sehat adalah kuning pucat. Air seni berwarna kuning gelap merupakan tanda dehidrasi.

Jus lemon dan kemangi

Anda bisa menambah perasan lemon segar ke dalam air minum. Buah lemon mengandung sitrat, yang mana merupakan zat kimia yang dapat mencegah pembentukan batu kalsium. Sitrat juga dapat memecah batu-batu kecil, yang dapat membantu batu tersebut keluar dari dalam tubuh dengan mudah. Selain itu, jus lemon juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain, salah satunya adalah membantu menghambat pertumbuhan bakteri.

Selain lemon, Anda juga bisa membuat teh kemangi atau membuatnya menjadi jus dan smoothie. Daun kemangin mengandung asam asetat, yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal dan mengurangi rasa sakit. Daun kemangi juga banyak mengandung nutrisi yang menyehatkan. Obat batu ginjal ini sudah sering digunakan secara tradisional untuk mengatasi gangguan peradangan dan pencernaan. Di dalam daun kemangi terkandung senyawa antioksidan dan anti-peradangan yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal. Namun, penting untuk diingat bahwa Anda jangan mengonsumsi jus kemangi selama lebih dari 6 minggu berturut-turut. Konsumsi yang banyak dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan turunnya gula darah, tekanan darah rendah, dan pendarahan yang meningkat.

Batasi makanan yang tinggi oksalat

Oksalat merupakan antinutrient yang banyak ditemukan di tanaman, termasuk sayuran hijau, buah, dan cokelat. Tubuh manusia juga memproduksi oksalatnya sendiri. Konsumsi oksalat yang tinggi dapat meningkatkan pengeluaran oksalat di air seni, yang dapat menjadi masalah bagi mereka yang mudah membentuk kristal oksalat kalsium. Oksalat dapat mengikat mineral dan kalsium lain untuk membentuk kristal yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Meskipun sangat tidak nyaman, Anda bisa mengeluarkan batu ginjal melalui urin. Anda bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan acetaminophen untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Namun, pastikan Anda terus melanjutkan perawatan yang telah diresepkan oleh dokter, meminum obat batu ginjal, dan tidak meminum alkohol hingga batu ginjal benar-benar keluar. Anda juga bisa menambahkan perawatan rumaha yang disebutkan di atas.

Read More

Apa Saja Jenis Jamur Yang Bisa Dimakan?

Ada berbagai jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu jenis makanan yang dapat Anda konsumsi termasuk jamur. Ada berbagai jenis jamur yang tersebar di berbagai tempat, dan beberapa di antaranya dapat memberikan nutrisi untuk tubuh. Lantas apa saja jamur yang bisa dimakan?

Jenis-Jenis Jamur Yang Bisa Dimakan

Jika Anda ingin mengkonsumsi jamur, berikut adalah beberapa jenis jamur yang bisa Anda coba:

  1. Jamur shiitake

Jamur shiitake adalah salah satu jamur yang paling populer di dunia. Jamur tersebut berasal dari Asia Timur dan telah dikonsumsi di berbagai negara Asia. Jamur shiitake juga merupakan salah satu makanan yang rendah kalori, yaitu sebanyak 44 kalori.

Selain itu, jamur shiitake merupakan jamur yang kaya akan nutrisi, karena mengandung berbagai sumber mineral seperti protein dan serat, sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Beberapa manfaat tersebut termasuk menjaga kesehatan jantung, imun, dan dapat melawan sel kanker di dalam tubuh.

  • Jamur maitake

Jamur maitake, atau disebut sebagai jamur menari, merupakan salah satu jamur yang bisa dimakan, karena jamur tersebut juga dapat memberikan kesehatan bagi tubuh. Jamur maitake juga termasuk makanan rendah kalori dimana jamur tersebut mengandung 31 kalori.

Selain itu, jamur maitake kaya akan antioksidan, serta terdapat berbagai nutrisi seperti vitamin B dan C, tembaga, potasium, dan serat. Beberapa manfaat dari jamur maitake adalah dapat mencegah kanker dan mengurangi tingkat kolesterol di dalam tubuh.

  • Jamur tiram

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur dapat Anda konsumsi. Jenis jamur ini juga merupakan jamur yang paling populer di Indonesia. Jamur tiram termasuk makanan rendah kalori, yakni sebanyak 28 kalori. Oleh karena itu, jamur tiram dapat memenuhi kebutuhan manusia setiap hari.

Selain itu, jamur tiram terdapat berbagai nutrisi berupa karbohidrat (5,2 gram), lemak (0,3 gram), sodium (15,5 gram), serat (2 gram), dan protein (2,9 gram). Jamur tiram juga didukung oleh niasin, riboflavin, asam pantotenat, folat, vitamin B6, tiamin, potasium, magnesium, dan tembaga.

  • Jamur kancing

Jamur kancing juga merupakan salah satu jamur yang paling banyak dikonsumsi oleh orang-orang. Jamur ini juga disebut sebagai jamur putih, karena pada awalnya jamur tersebut tumbuh dengan warna putih. Jamur ini juga termasuk makanan rendah kalori, yakni sebanyak 22 kalori.

Meskipun jamur kancing merupakan salah satu makanan yang rendah kalori, jamur kancing dapat memberikan dampak baik bagi tubuh. Beberapa manfaat yang diperoleh dari jamur kancing adalah dapat mencegah kanker, mengendalikan gula darah, serta menjaga pencernaan manusia.

  • Jamur enoki

Jamur enoki merupakan jamur yang terlihat kecil dan kurus, dan hanya terdapat 37 kalori. Meskipun demikian, jamur enoki juga merupakan salah satu makanan yang memiliki nutrisi tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Jamur enoki memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan seperti menjaga sistem imun manusia. Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan proflamin yang terdapat pada jamur enoki mampu melawan tumor.

  • Jamur chaga

Jamur chaga merupakan jamur yang tumbuh di daerah yang dingin. Selain itu, jamur chaga dijual dalam kemasan bubuk. Jamur chaga merupakan makanan rendah kalori, yaitu sebanyak 30 kalori. Jamur chaga dilengkapi dengan berbagai nutrisi seperti vitamin B, vitamin D, kalsium, potasium, magnesium, tembaga, dan zinc.

Karena memiliki banyak nutrisi, jamur chaga dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan manusia. Manfaat yang diperoleh antara lain melindungi sistem imun, mengurangi kadar gula darah, dan mencegah kanker. Jamur chaga merupakan salah satu makanan yang dapat Anda konsumsi tiap hari.

Cara Memilih Jamur

Itulah jenis jamur yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan. Jika Anda ingin membelinya, Anda sebaiknya beli jamur tersebut di supermarket atau pasar yang menjamin kualitasnya.

Efek Samping

Selain itu, Anda juga perlu pahami bahwa jamur yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu efek samping seperti ruam. Anda juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter apakah aman untuk mengkonsumsi jamur jika Anda sedang hamil atau menyusui. Meskipun demikian, jamur yang bisa dimakan seharusnya Anda konsumsi secukupnya.

Read More

Tak Perlu Obat, Ini Cara Perbesar Penis Secara Alami

Memiliki penis dengan ukuran yang besar agar dapat memuaskan pasangan sepertinya sudah menjadi impian bagi setiap lelaki. Namun, tidak semua laki-laki terlahir dengan keadaan seperti itu. Sehingga mereka memutuskan untuk mencari cara agar dapat memiliki penis dengan ukuran besar dengan mengonsumsi obat pembesar penis.

Namun nyatanya, hal tersebut belum tentu aman dan tidak efektif 100 persen. Oleh karena itu, daripada membahayakan kesehatan, lebih baik simak tips atau cara memperbesar penis tanpa  harus pakai obat-obatan berikut ini.

1. Jelqing

Jelqing merupakan teknik memperbesar penis dengan cara mengurut penis menggunakan ibu jari dan jari teluntuk secara berulang-ulang.

Urut penis layaknya sedang bermastrubasi namun secara lebih lambat dan teratur. Cara ini bertujuan untuk melatih jaringan fungsi sehingga dapat membuat penis tampak lebih panjang dan besar.

2. Kompres dengan air hangat

Sebenarnya cara yang satu ini berkaitan dengan cara lainnya. Sebab, mengompres penis dengan air hangat hanya bertujuan untuk meningkatkan aliran darah melalui jaringan penis.

Dengan begitu, kulit penis akan lebih lentur sehingga memudahkan pengurutan dan mengurangi munculnya memar.

3. Hindari stres

Mengalami stres ternyata berpengaruh pada ukuran penis seseorang. Ketika sedang mengalami cemas atau stres, otot-otot penis akan berkontraksi dan menyempitkan arteri.

Akibatnya, alirah darah yang menuju penis akan terhambat dan memengaruhi ukuran penis. Oleh karena itu, sebaiknya tetap bersantai dan rileks dalam keadaan apapun.

4. Kurangi berat badan

Meski menurunkan berat badan membuat tubuh menjadi lebih kecil, justru hal tersebut berlaku sebaliknya bagi penis.

Sebab, saat tubuh kelebihan berat badan maka kadar lemak yang ada pada tubuh akan membuat penis terlihat lebih pendek. Dengan mengurangi timbunan lemak tersebut, dipercaya penis akan memanjang hingga 2 cm

5. Mencukur rambut di sekitar penis

Salah satu cara termudah dan tercepat yang dapat kamu lakukan agar penis terlihat lebih besar adalah dengan memangkas rambut yang ada di sekitar kemaluan. Saat rambut-rambut tersebut hilang, maka penis akan dapat terlihat lebih besar.

6. Rutin olah raga

Berolahraga secara rutin ternyata tidak hanya berdampak baik bagi kesehatan. Latihan fisik saat berolahraga nyatanya dapat membuat aliran darah ke dalam tubuh berjalan dengan lancar.

Sehingga, darah yang mengalir menuju penis pun mengalir dengan sempurna. Kondisi ini dapat membantu penis terlihat lebih besar akibat ereksi yang masksimal.

7. Mengonsumsi ginkgo biloba

Ginkgo biloba adalah jenis tanaman herbal yang berasal dari daratan China. Dengan mengonsumsinya dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke penis sehingga ukuran penis menjadi lebih besar.

Selain itu, terdapat pula penelitian yang mengatakan jika ginkgo biloba sangat ampuh mengatasi disfungsi ereksi.

8. Gunakan pompa penis

Cara memperbesar penis yang terakhir adalah dengan menggunakan pompa penis. Rangsangan yang diberikan saat penis dipompa bertujuan untuk meregenerasi sel dalam jaringan penis.

Sehingga penis akan bertambah secara instan hingga 2,5 cm. Akan tetapi, hindari menggunakan alat ini secara rutin. Sebab, penggunaan secara terus menerus dapat mengakibatkan rusaknya jaringan pada penis, bahkan impotensi.

Beberapa cara memperbesar penis di atas sangat sederhana sekali bukan? Jadi, mulai sekarang sebaiknya hindari penggunaan obat-obatan untuk perbesar penis. Lebih baik cobalah beberapa cara di atas yang mungkin saja bisa membantu memperbesar penismu. Terlebih obat pembesar penis pasti memiliki efek samping yang mungkin saja berbahaya bagi tubuhmu.

Read More

Macam- Macam Bentuk Tubuh Wanita

Berbagai macam bentuk tubuh wanita, namun semuanya sama cantiknya.

Tubuh setiap orang berbeda, baik dari segi bentuk maupun ukuran. Hasil studi tahun 2004 melaporkan bahwa deskripsi bentuk tubuh wanita secara historis telah dijelaskan dalam kategori berdasarkan bentuk, seperti segitiga, persegi panjang, berlian, oval, dan jam pasir.

Penting untuk Anda ingat bahwa kategori tipe tubuh bukanlah ilmu yang pasti. Seringkali, ada banyak variasi dalam satu “jenis” bentuk tubuh.

Anda mungkin menemukan bahwa bentuk individual Anda memiliki karakteristik dari beberapa tipe tubuh yang berbeda. Berikut beberapa jenis bentuk tubuh wanita:

  • Persegi panjang, lurus, atau “pisang”

Jika ukuran pinggang Anda hampir sama dengan pinggul atau dada Anda, dan bahu serta pinggul Anda hampir sama lebar, Anda memiliki apa yang disebut tipe tubuh “pisang” atau persegi panjang.

  • Segitiga atau “pir”

Dengan bentuk ini, bahu dan dada Anda lebih sempit dari pinggul Anda. Anda mungkin memiliki lengan ramping dan pinggang yang cukup jelas. Pinggang Anda kemungkinan besar miring ke pinggul Anda.

  • Sendok

Jenis tubuh sendok sangat mirip dengan bentuk segitiga atau “pir”. Pinggul Anda lebih besar dari dada atau bagian tubuh lainnya dan mungkin memiliki penampilan seperti “rak”. Anda juga bisa membawa beban di lengan atas dan paha atas.

  • Jam pasir

Jika pinggul dan payudara Anda hampir sama ukurannya dan Anda memiliki pinggang yang jelas lebih sempit dari keduanya, Anda memiliki bentuk jam pasir. Kaki dan tubuh bagian atas Anda mungkin dianggap proporsional. Bahu Anda mungkin sedikit membulat, dan kemungkinan besar Anda memiliki bokong yang bulat.

  • Jam pasir atas

Dengan bentuk tubuh jam pasir atas, Anda memiliki bentuk jam pasir umum, tetapi ukuran payudara Anda sedikit lebih besar dari pinggul Anda.

  • Jam pasir bawah

Jika Anda memiliki bentuk tubuh jam pasir bawah, Anda memiliki bentuk jam pasir umum, tetapi ukuran pinggul Anda sedikit lebih besar dari payudara Anda.

  • Segitiga terbalik atau “apel”

Jika bahu dan dada Anda lebih besar dari pinggul yang relatif kecil, Anda memiliki apa yang dikenal sebagai segitiga terbalik atau bentuk “apel”.

  • Bulat atau oval

Jika payudara Anda lebih besar dari bagian tubuh lainnya, pinggul Anda kecil, dan bagian tengah tubuh Anda lebih berisi, Anda memiliki apa yang biasanya disebut tipe tubuh bulat atau oval.

  • Berlian

Jika pinggul Anda lebih lebar dari bahu, dada kecil, dan pinggang lebih berisi, Anda memiliki apa yang disebut bentuk tubuh berlian.

Dengan tipe ini, Anda dapat membawa sedikit lebih banyak beban di kaki bagian atas. Anda mungkin juga memiliki lengan yang ramping.

  • Atletis

Jika tubuh Anda berotot tetapi tidak terlalu melengkung, Anda mungkin memiliki tipe tubuh atletis. Ukuran bahu dan pinggul Anda hampir sama.

Beberapa elemen bentuk tubuh wanita ditentukan oleh struktur tulang. Sebagai contoh, beberapa orang memiliki lengkungan, bokong bulat dan lengkungan di tulang belakang mereka. Sedangkan yang lain mungkin memiliki pinggul yang lebih lebar, kaki yang lebih pendek, atau torsi yang lebih panjang.

Seberapa tinggi atau pendek Anda juga akan mempengaruhi keseluruhan bentuk tubuh Anda. Faktor genetik juga mempengaruhi bentuk tubuh Anda.

Apa pun bentuk tubuh yang Anda miliki, ingatlah: Anda cantik. Karena tidak ada bentuk tubuh wanita yang “ideal”, terlepas dari apa yang beberapa orang coba katakan kepada Anda.

Yang paling penting adalah Anda bahagia dan sehat. Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai bentuk tubuh Anda, bicarakan dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya.

Read More

Selain Meningkatkan Kebugaran Tubuh, Ini Manfaat Senam Lansia

Memasuki usia lanjut bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Untuk usia lanjut, dianjurkan untuk melakukan senam lansia yang bermanfaat untuk membuat tubuh Anda lebih sehat, mencegah penyakit datang, dan bisa membuat usia Anda terasa lebih panjang. Senam pada dasarnya adalah serangkaian gerakan yang teratur, terarah, serta terencana yang dilakukan secara tersendiri atau berkelompok. Seperti olahraga pada umumnya, senam lansia dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fungsional fisik bagi orang yang menjalankannya.

Di Indonesia, senam juga seringkali dikenal sebagai aerobik, yang merupakan aktivitas fisik yang dapat memacu jantung dan peredaran darah serta pernapasan. Bila dilakukan dalam jangka panjang, gerakan ini akan mendatangkan perbaikan dan manfaat kepada tubuh. Senam lansia bias dilakukan secara teratur minimal sehari dilakukan dalam waktu 30 menit. Dalam seminggu, senam ini bisa dilakukan 4 hingga 5 kali untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Lansia yang aktif bergerak dan berolahraga terbukti lebih sehat dan memiliki risiko yang lebih kecil terhadap penyakit kronis. Selain itu, lansia yang aktif bergerak juga lebih sedikit menderita gangguan kognitif, fungsi fisik, dan mentalnya juga masih terbilang baik ketimbang yang jarang olahraga. Senam lansia bisa menjadi salah satu cara bagi para lanjut usia ini untuk menggerakkan tubuhnya. Berikut manfaat senam lansia:

  • Meningkatkan kekuatan tubuh

Umumnya, senam ini memiliki gerakan dan kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan senam aerobik pada umumnya. Manfaat senam lansia antara lain meningkatkan kekuatan tubuh agar dapat beraktivitas dan gerakan tubuh lebih maksimal. Setidaknya, melakukan gerakan senam ini selama 30 menit sehari, Anda telah melakukan salah satu latihan yang dapat menunjang kondisi kesehatan Anda.

  • Menambah energi

Saat pertama kali memulai senam, tubuh mungkin akan terasa kelelahan. Namun, jika Anda melakukannya secara teratur, lama-kelamaan stamina tubuh akan meningkat dan rasa lelah akan berkurang. Kekuatan jantung, paru-paru, tulang, hingga otot Anda juga akan meningkat, seiring berjalannya waktu.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Melakukan senam aerobik akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan dapat memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

  • Mencegah dan menunda penyakit, jantung, diabetes, dan osteoporosis

Senam lansia juga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes serta yang paling penting dapat menunda osteoporosis. Berolahraga secara teratur dapat membantu mengatur kadar insulin di tubuh, sehingga kadar gula darah pun akan ikut terkontrol.

  • Meningkatkan mood dan mencegah depresi

Manfaat senam lansia juga akan terasa bagi kondisi mental. Sebab, olahraga ini ternyata juga bisa membantu meringankan gejala depresi dan mengurangi ketegangan yang berkaitan dengan gangguan kecemasan. Dengan melakukan senam lansia ini pun akan membuat Anda menjadi lebih rileks.

  • Meningkatkan fungsi kognitif atau cara kerja otak

American Council on Exercise juga menunjukkan bahwa senam lansia dapat membantu meningkatkan daya ingat para orang tua. Hal ini dikarenakan senam lansia dapat memperlambat hilangnya jaringan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Read More

Cara Daftar Perawatan di Rumah Sakit PHC Surabaya

Rumah Sakit PHC Surabaya adalah sebuah rumah sakit dengan nama Rumah Sakit Primasatya Husada Citra Surabaya. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit yang menyandang status Rumah Sakit Tipe B Pendidikan. Rumah Sakit PHC Surabaya pertama kali berdiri pada tahun 1965 yang merupakan sebuah klinik umum, klinik ibu dan anak serta klinik gigi dan radiologi. Kemudian satu tahun setelahnya pada 1966 diresmikan menjadi institusi pelayanan kesehatan untuk para pegawai Badan Pengusahaan Pelabuhan dan keluarganya. Saat inilah institusi tersebut dikenal dengan Port Health Centre (PHC) yang pada tahun 1970 sudah mulai melayani masyarakat umum.

Setelahnya Rumah Sakit PHC Surabaya terus berkembang setiap tahun dan sudah mendapatkan beberapa penghargaan di antaranya:

  • ISO 9001:2008 tentang Sistem Manajemen Mutu Medical Laboratory & Inpatient Service by JAZ-ANZ IAF
  • Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Tempat Kerja Kategori Platinum
  • Penghargaan Program P2-HIV & AIDS di Tempat Kerja oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia kategori Platinum
  • Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Tempat Kerja Kategori Platinum 2018
  • Lulus Akreditasi Rumah Sakit Tipe B Pendidikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  • Lulus Akreditasi The Shipowners’ Club Luxembourg untuk Penyelenggaraan Pre Employment Medical Examination for Seafarers

Rumah Sakit PHC Surabaya menawarkan jasa layanan kesehatan yang memiliki tim medis yang terdiri dari beberapa dokter, seperti 40 Dokter Umum, 61 Dokter Spesialis, 14 Dokter Gigi dan 40 Dokter Sub Spesialis. Tak hanya itu, Rumah Sakit PHC Surabaya juga dilengkapi dengan peralatan medis modern dan tambahan sumber daya yang berpengalaman dan profesional. Semuanya fasilitas tersebut untuk menunjang dan mengembangkan Rumah Sakit PHC Surabaya dalam memberikan layanan kesehatan secara optimal, efektif dan efisien.

Rumah Sakit PHC Surabaya memiliki visi “To Be A First Class Hospital in Health Services” dan mempunyai berbagai misi, di antaranya:

  1. Memberikan pelayanan kesehatan bermutu tinggi melalui peningkatan capaian standar mutu pelayanan dan keselamatan pasien
  2. Menerapkan budaya kerja yang berorientasi kepada kebutuhan dan harapan pelanggan
  3. Senantiasa menghasilkan kinerja produktifitas dan profitabilitas yang mendukung pengembangan usaha perusahaan
  4. Peningkatan pemanfaatan pendidikan dan penelitian untuk meningkatkan kemampuan pelayanan kesehatan.

Layanan yang diberikan oleh Rumah Sakit PHC Surabaya di antaranya:

  1. IGD 24 Jam
  2. Medical Check Up (MCU)
  3. Rawat Jalan
    1. Spesialis
    1. Non spesialis
    1. Hemodialisa
  4. Rawat Inap
    1. President Suite
    1. Suite
    1. Deluxe
    1. Superior
    1. ICU
    1. Kamar Operasi
  5. Fasilitas Penunjang
    1. Laboratorium
    1. MRI 1.5 Tesla
    1. CT Scan
    1. USG
  6. Layanan Unggulan
    1. Polysomnography
    1. Kateterisasi Jantung
    1. Layanan Gizi

Untuk pendaftaran rawat jalan dan pemeriksaan medis, bisa melalui aplikasi PHC Care yang dapat diunduh gratis dis Google Play Store atau App Store. Selain itu bisa langsung mengunjungi laman resmi di http://pendaftaran.phc.co.id/

Selain pendaftaran secara online, bisa juga mendaftar secara langsung melalui:

Mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM)
Lokasi APM :

  • 2 Mesin APM di Gedung PMC Lantai 1
    • 2 Mesin APM di Gedung PMC Lantai 2
    • 2 Mesin APM di Gedung Grha Lantai 1
    • 1 Mesin APM di Gedung Medical Check Up (Khusus Untuk Medical Check Up)

Itulah cara daftar menjadi pasien di rumah sakit PHC Surabaya. Semioga membantu.

Read More

Penyebab dan Faktor Risiko Ciri Ciri Wanita Mandul

Bagi beberapa pasangan kekasih, kemandulan merupakan momok yang mereka tidak inginkan Anda dalam hidup mereka. Memiliki buah hati yang sehat menjadi dambaan kebanyakan pasangan. Sayangnya, satu dan lain hal menyebabkan salah satu dari pasangan (atau keduanya) memiliki masalah kesuburan. Karena kemandulan sering tidak menyebabkan tanda-tanda atau gejala, banyak dari pasangan tersebut tidak menyadari adanya ciri ciri wanita mandul atau pria mandul. Karena alasan ini, sangat penting bagi pasangan yang sudah berusaha memiliki anak dalam waktu satu tahun tanpa ada kesuksesan untuk menghubungi dokter agar mendapatkan saran dan perawatan yang tepat. Sementara itu, bagi wanita yang berusia lebih dari 35 tahun, risiko kemandulan meningkat dengan bertambahnya usia. 

Gejala dan ciri ciri wanita mandul biasanya berhubungan dengan penyebab kondisi tersebut. Misalnya saja, 10 hingga 15% chlamydia yang tidak diobati akan menyebabkan penyakit peradangan pelvis (PID). PID dapat menyebabkan tersumbatnya saluran tuba sehingga mencegah fertilisasi. Selain itu ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko kemandulan seperti:

  • Usia. Kemampuan seseorang untuk dapat mengandung akan semakin berkurang setelah ia memasuki usia 32 tahun.
  • Merokok. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok dapat meningkatkan risiko kemandulan pada wanita dan juga pria. Bahkan, merokok dapat mengurangi efek dari terapi kesuburan. Merokok saat hamil juga dapat meningkatkan risiko keguguran. Bagi Anda yang perokok pasif, studi juga menunjukkan hal tersebut dapat mengurangi kesuburan.
  • Alkohol. Konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kemandulan
  • Obesitas atau berat badan berlebih. Obesitas dapat menigkatkan risiko kemandulan bagi wanita dan pria.
  • Diet. Kurangnya konsumsi asam folic, zat besi, zinc, dan vitamin B12 dapat mengganggu kesuburan. Apabila Anda memiliki risiko tersebut, termasuk mereka yang menganut gaya hidup vegan, dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan suplemen pelengkap nutrisi.
  • Paparan terhadap zat kimia tertentu. Beberapa pestisida dan paparan terhadap logam seperti timah dipercaya memiliki hubungan dengan kasus kemandulan pada pria dan wanita. Studi pada hewan pengerat menunjukkan bahwa bahan-bahan yang digunakan pada detergen rumah tangga dapat mengurangi kesuburan.
  • Stres mental. Hal ini dapat berdampak pada ovulasi pada wanita dan dapat mengurangi aktivitas seksual.

Selain faktor risiko di atas, kemandulan juga dapat disebabkan karena faktor kondisi medis. Beberapa kondisi medis yang dapat mengganggu kesuburan seperti gangguan ovulasi. Ovulasi adalah pelepasan sel-sel telur setiap bulannya. Gangguan ovulasi tersebut dapat disebabkan karena kegagalan ovarium dini (ovarium berhenti bekerja sebelum usia 40 tahun) dan sindrom ovarium polikistik atau PCOS adalah saat ovarium bekerja secara tidak normal dan ovulasi tidak terjadi. Selain itu, gangguan ovulasi juga termasuk rendahnya kualitas sel telur. Sel telur yang rusak atau memiliki genetik yang tidak normal tidak akan dapat menyebabkan kehamilan. Semakin tua seorang wanita, semakin tinggi risiko sel telur rusak. Ciri ciri wanita mandul juga dapat disebabkan karena penyakit yang menyebabkan gangguan ovulasi. Beberapa penyakit tersebut seperti AIDS, kanker, dan juga masalah dengan tiroid (kelenjar tiroid yang tidak aktif atau terlalu aktif dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon). Obat-obatan untuk merawat masalah kesehatan tertentu juga dapat menyebabkan mandul, seperti kemoterapi yang dapat menyebabkan kegagalan ovarium (dalam kasus tertentu merupakan kondisi yang permanen), terapi radiasi yang dilakukan pada derah dekat organ-organ reproduksi, dan narkoba seperti kokain dan marijuana.

Read More

Buah Pelancar BAB untuk Mengatasi Sembelit

Sembelit menjadi salah satu kasus yang sering dialami oleh banyak orang. Mengalami sembelit tentu saja tidak nyaman karena dapat menyebabkan tinja yang keras dan kering menyakitkan atau sulit untuk dikeluarkan. Dalam kebanyakan kasus, orang dapat mengkonsumsi buah pelancar BAB atau mungkin menggunakan obat rumahan untuk membantu melunakkan feses dan meredakan sembelit yang dirasakan.

Lalu apa yang menyebabkan tinja keras? Bagaimana cara mengobati sembelit tersebut dan kapan harus ke dokter?

Apa itu feses yang keras?

Feses atau tinja yang keras dan kering terbentuk akibat usus besar Anda menyerap terlalu banyak air. Biasanya, ketika makanan bergerak melalui usus besar, usus besar menyerap air sambil membentuk tinja (produk limbah alami tubuh). Kontraksi otot kemudian mendorong tinja ke arah rektum, dan pada saat tinja mencapai rektum, sebagian besar air telah diserap, membuat tinja Anda menjadi padat.

Kebanyakan orang sehat memiliki tingkat intensitas buang air besar yang sering, antara tiga kali sehari dan tiga kali seminggu. Ketika tubuh Anda mencerna makanan secara tidak efisien, pola buang air besar normal Anda sangat mungkin menjadi terhambat. Hal inilah yang menyebabkan tinja keras, yang menyebabkan Anda kesulitan buang air besar. Sementara tinja tetap berada di usus besar Anda, dan tinja menjadi semakin mengeras.

Beberapa penyebab sembelit paling umum adalah sebagai berikut:

  • Obat-obatan

Terkadang tinja yang keras dapat terjadi karena sesuatu yang Anda konsumsi serta obat yang Anda minum.

  • Kurang olahraga
  • Cairan tidak cukup

Tubuh manusia membutuhkan air untuk mempertahankan cukup darah dan cairan lain agar berfungsi dengan baik dengan tubuh, oleh karena itu, sangat penting untuk Anda tetap terhidrasi. Ketika tubuh mulai kehilangan sejumlah besar air lebih cepat daripada yang diganti, tubuh Anda mulai mengalami dehidrasi. Efek umum dehidrasi pada sistem pencernaan Anda adalah sembelit.

  • Tidak cukup serat dalam makanan
  • Mengabaikan keinginan untuk buang air besar
  • Perubahan kebiasaan atau rutinitas

Penting untuk mengidentifikasi rutinitas sehari-hari mengenai tempat dan waktu ketika Anda dapat menghabiskan waktu di toilet dengan nyaman. Tanggapi pola alami usus Anda – ketika Anda merasakan dorongan untuk tidak menunda.

  • Bertambahnya usia

Perubahan pada tubuh Anda dapat menyebabkan sembelit. Kerusakan dasar panggul dapat melemahkan otot Anda, sementara kerusakan saraf juga membuat tubuh lebih sulit untuk buang air besar.

Cara mengobati sembelit

Biasanya, sembelit dapat diobati melalui perubahan pola makan dan gaya hidup, yang dapat menghilangkan gejala dan membantu mencegah kondisi sembelit. Salah satunya dengan modifikasi diet. Pola makan dengan mengkonsumsi 20 hingga 35 gram serat setiap hari membantu pembentukan tinja yang lunak dan tebal. Sementara mengkonsumsi buah pelancar BAB, makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sereal dan sayuran segar sangat membantu Anda untuk menambahkan serat ke dalam tubuh. Membatasi makanan seperti es krim, keju, daging, dan makanan olahan, yang mengandung sedikit atau tidak ada serat juga sangat membantu.

Buah, sayur, kacang-kacangan dan makanan pelancar BAB yang dapat dikonsumsi antara lain:

  • Rasberi
  • Pir
  • Popcorn
  • Semangka
  • Oatmeal
  • Kacang almond
  • Salad kentang
  • Lentil
  • Yogurt
  • Kopi
  • Artichoke

Sembelit dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti wasir, hal ini terjadi karena Anda mendorong terlalu keras untuk dapat membuang air besar.

Kadang-kadang, mendorong terlalu keras atau mengejan juga dapat menyebabkan prolaps dubur, dimana sejumlah kecil lapisan usus dapat terdorong keluar dari lubang anus.

Kapan Anda harus ke dokter?

Sembelit yang terjadi sesekali adalah hal yang umum. Namun, akan sangat baik untuk Anda menemui dokter ketika:

  • Kotoran keras bertahan lebih lama dari seminggu atau merupakan masalah berulang
  • Seorang anak tidak dapat buang air besar selama beberapa hari
  • Feses yang keras menyebabkan perdarahan atau nyeri
  • Mengkonsumsi obat baru yang menyebabkan kotoran Anda keras
  • Bayi atau anak kecil tampak sangat tertekan akibat tinja yang keras

Untuk menghindari terjadinya sembelit, akan sangat baik agar Anda terus mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah pelancar BAB, kurangi makanan olahan serta menjalani gaya hidup yang sehat secara terus menerus.

Read More

Mengapa Merokok Dapat Menyebabkan GERD?

merokok menyebabkan gerd

Anda sudah mengurangi porsi makan dan menghindari makanan berlemak. Namun tampaknya GERD tak kunjung sembuh. Mungkin ini karena Anda belum berhenti merokok!

Studi yang mengamati hubungan antara merokok dan GERD menemukan bahwa refluks asam lambung bisa menjadi parah jika seseorang tidak berhenti merokok. Apalagi jika kebiasaan merokok ini dibarengi dengan minum kopi atau minuman beralkohol yang semakin memperparah kondisi.

Rokok memperburuk kesehatan dan banyak penyakit yang diakibatkan oleh merokok, salah satunya adalah GERD. Lalu bagaimana rokok bisa memicu GERD? Simak penjelasan di bawah ini!

Pengaruh rokok terhadap GERD

Adalah nikotin, bagian dari rokok yang bisa menyebabkan lemahnya otot pada esofagus yang seharusnya mencegah asam lambung untuk naik. Namun nikotin membuat otot-otot tersebut menjadi rileks sehingga asam yang semestinya tetap di perut malah naik sampai ke kerongkongan bahkan ke mulut.

Merokok bisa menyebabkan mulut tidak memproduksi air liur yang cukup untuk menetralkan asam lambung. Disamping itu, merokok juga membuat tubuh lebih sulit melindungi Anda dari serangan gejala asam lambung seperti rasa panas dan mulas hingga ke dada. Jika seorang perokok batuk, maka refluks akan semakin meningkat karena tekanan pada perut.

Mengunyah permen karet nikotin, dan tembakau, serta patch anti rokok

Mengunyah tembakau secara langsung lebih berbahaya karena nikotin tidak disaring terlebih dahulu seperti ketika Anda merokok. Permen karet nikotin memang jauh lebih aman dan mungkin ini adalah pilihan alternatif yang terbaik bagi seorang perokok. Dampak positif dari mengunyah permen karet adalah produksi air liur yang bertambah sehingga bisa menetralkan asam lambung. Penggunaan patch nikotin juga terbukti sangat membantu mengurangi rasa mulas dan panas di area dada.

Berhenti merokok mulai sekarang

dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan pencernaan terlebih jika Anda mengalami gejala-gejala GERD. Bahaya dari merokok menyebabkan komplikasi kesehatan yang lebih serius dari refluks saja. Terlebih jika Anda memiliki kelebihan berat badan, sebaiknya menurunkan berat menjadi ideal untuk mengurangi tekanan pada abdomen.

Pastikan indeks massa tubuh Anda normal karena hal ini sangat membantu penyembuhan GERD. Namun yang terpenting adalah berhenti merokok dan mengurangi berat badan Anda serta bergaya hidup sehat.

Mulailah dengan diet sehat dan makan sayuran lebih banyak serta mengurangi minuman berkafein ataupun beralkohol – keduanya dapat mencegah mulas dan nyeri akibat GERD. Langkah mudah ini bisa menyelamatkan hidup Anda.

Read More