Inilah Jenis Obat Kumur Sariawan yang dari Bahan-Bahan Alami

Sariawan bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh. Luka dan peradangan di mulut berpotensi mengurangi asupan gizi secara signifikan dan berpengaruh terhadap aktivitas harian Anda. Selain pengobatan medis, obat kumur sariawan alami juga diklaim berkhasiat mengurangi luka pada sariawan. 

obat kumur sariawan
  1. Obat kumur sage

Teh sage memang kurang populer di Indonesia. Tanaman sage dengan nama ilmiah Salcia officinalis ini mirip dengan tanaman daun mint, daunnya sama-sama memberikan rasa segar setelah diseduh air panas. Secara tradisional, teh sage dipercaya mampu meringankan iflamasi di mulut. Efek anti bakteri, anti inflamasi, anti septik, dan astringent nya mampu mengurangi rasa sakit. 

Anda bisa menemukan obat kumur sage di apotek atau membuat sendiri di rumah dengan cara:

  • Seduh daun sage segar dengan menambahkan 1 – 2 sendok makan air panas 
  • Tunggu selama 5 menit
  • Saring larutan tersebut dan biarkan dingin
  • Gunakan untuk berkumur selama beberapa menit dan muntahkan

Selain itu, obat kumur sage juga berkhasiat mengurangi bakteri Streptococcus mutans penyebab plak gigi pada anak-anak. Anda bisa mencoba melakukan kebiasaan ini kepada anak-anak dengan cara berkumur-kumur selama 1 menit sebanyak 2 kali sehari sebelum dan sesudah tidur, agar lebih efektif lakukan selama 3 minggu berturut-turut dan lihat hasilnya.  

  1. Obat kumur DGL

DGL atau deglycyrrhizinated licorice, ekstrak tanaman licorice, menjadi bahan penyusun utama obat kumur ini. Tanaman licorice sendiri sering diambil akarnya untuk dimanfaatkan. Akar tanaman licorice memiliki rasa manis sering digunakan untuk pengobatan alternatif beberapa penyakit. 

Anti inflamasi pada obat antikumur DGL juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan alami tukak lambung. DGL bisa didapatkan dalam bentuk suplemen sehingga lebih mudah diracik menjadi obat kumur. Berikut ini cara pembuatan obat kumur DGL:

  • Campurkan bubuk DGL kapsul (suplemen) atau setara 200 mg ke dalam 1 gelas air hangat 
  • Campur hingga rata
  • Gunakan untuk berkumur selama 3 menit dan muntahkan

Selain tukak lambung, DGL juga bisa meringankan sariawan dengan cara menempelkan plaster DGL ke luka sariawan dan biarkan selama 30 menit. Anda bisa mendapatkan plaster DGL ke apotek atau bisa menanyakan ke dokter gigi Anda.   

  1. Obat kumur cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki banyak khasiat terutama untuk luka dan iritasi yang disebabkan bakteri. Meskipun sejauh ini penggunaannya masih dipertimbangkan sebagai pengobatan sariawan, sebab kandungan asamnya dinilai bisa memperparah luka bagi sebagian orang. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memanfaatkannya. Anda dapat membuat obat kumur cuka sari apel secara mudah di rumah.

  • Campurkan 1 sendok teh dan 1 gelas air
  • Campur hingga rata
  • Gunakan untuk berkumur selama 30 detik sampai 1 menit
  • Muntahkan dan bilas dengan air
  • Ulangi setiap hari

Hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu tahap pembilasan setelah menggunakan obat kumur ini, sebab cuka sari apel yang mengendap mampu merusak enamel gigi. Beberapa pendapat lainnya menyarankan untuk mengoleskan sari cuka apel ke luka sariawan menggunakan cotton bud. Cara ini cukup berhasil bagi beberapa orang, namun ada juga yang justru menimbulkan iritasi dan meningkatkan rasa sakit. 

Obat kumur sariawan dari bahan-bahan alami mungkin bisa meringankan luka sariawan, namun jika setelah pemakaian obat kumur ini sariawan Anda tidak kunjung membaik atau justru luka semakinbertambah lebar sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.  

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*