Apakah Arti Letak Jerawat di Wajah Seseorang?

Apakah Arti Letak Jerawat di Wajah Seseorang?

Tahukah Anda? Ternyata, ada arti letak jerawat di wajah seseorang yang mungkin tidak disadari selama ini. Jerawat bisa muncul di banyak bagian tubuh Anda, seperti dahi, pipi, dagu, hidung, leher, dan bagian tubuh lainnya. Bagian-bagian tubuh Anda yang diserang jerawat ini akan menentukan bagaimana cara mengatasi jerawat tersebut. 

Dalam istilah medisnya, disebut juga pemetaan wajah (face mapping). Bahkan, dalam beberapa kasus, jerawat di area tubuh tertentu dapat mengindikasikan adanya masalah yang lebih dalam. Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih banyak tentang arti letak jerawat di wajah Anda!

Arti letak jerawat di wajah dan upaya pencegahan yang tepat

Jerawat disebabkan oleh banyak faktor, baik itu faktor internal dan eksternal. Faktor internal misalnya, ada pengaruh genetik dan hormonal tubuh, sedangkan eksternal, seperti lingkungan, pola makan, dan gaya hidup. Tanpa disadari, arti letak jerawat di wajah Anda bisa berbeda-beda, dan inilah yang akan membantu Anda menemukan pengobatannya yang tepat.

Artinya jerawat di dahi

Dahi adalah bagian tubuh Anda yang sering kali diserang jerawat. Ini akan membentuk T-zone dengan hidung Anda yang juga menjadi sasaran empuk jerawat. Umumnya, jenis jerawat yang sering muncul di T-zone adalah komedo klasik dan komedo putih. Ini dikarenakan bagian dahi dan hidung cenderung lebih banyak kelenjar minyak dibandingkan bagian wajah lainnya.

Cara mengatasi jerawat di dahi dan hidung ini adalah dengan menggunakan produk perawatan yang mengandung:

  • Asam salisilat, untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori.
  • Benzoyl peroxide, untuk membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Namun, karena obat ini dapat berinteraksi dengan beberapa perawatan jerawat topikal lainnya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.
  • Retinoid, efektif melawan jerawat yang dapat Anda jadikan sebagai perawatan jangka panjang.

Jerawat di dagu dan rahang

Selain di dahi dan hidung, rahang dan dagu Anda juga sensitif dengan jerawat. Biasanya, ini sering dialami oleh remaja laki-lak selama masa pertumbuhannya. Sementara itu, para wanita juga mungkin akan mengalaminya, terutama saat menjelang atau selama menstruasi. Ciri khas jerawat ini adalah cenderung lebih dalam, lebih besar, dan lebih meradang.

Untuk mengobati jerawat di dagu dan rahang, cobalah Anda lakukan beberapa tips berikut:

  • Pil KB dapat membantu mengendalikan jerawat yang muncul di area ini, tetapi beberapa jenis kontrasepsi hormonal juga dapat memperburuk jerawat. Jadi, bicarakan dengan dokter Anda untuk menemukan solusinya.
  • Menggunakan perawatan topikal yang mengandung sulfur untuk membantu mengurangi peradangan pada jerawat yang dalam. 
  • Retinoid terkenal dengan perawatan jerawat yang superstar, karena dapat membantu menangkal jerawat hormonal.

Jerawat di pipi, artinya apa ya?

Arti letak jerawat di wajah ini memiliki makna yang berbeda dengan jerawat sebelumnya. Kulit di pipi memang cenderung lebih mudah kering dan teriritasi daripada kulit di bagian wajah lainnya. Inilah mengapa Anda sebaiknya jangan berlebihan menggunakan produk perawatan jerawat di area ini. Anda bisa menggunakan produk yang sama dengan yang Anda gunakan di area lain, seperti asam salisilat, benzoil peroksida, dan retinoid. Namun ingat, lakukan cukup dua hari sekali saja untuk menghindari iritasi di bagian pipi.

Tips mencegah jerawat di wajah 

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko munculnya jerawat, yaitu:

  1. Cuci muka dua kali sehari dengan sabun pembersih yang lembut dan bebas minyak.
  2. Bersihkan riasan make-up Anda sebelum tidur, jika tidak, dapat menyumbat pori-pori Anda. 
  3. Mandi setelah Anda berolahraga atau berkeringat.
  4. Hindari memakai pakaian ketat.
  5. Konsumsi makanan yang sehat, pilih makanan yang mengandung gula rafinasi minimal.
  6. Kelola stres Anda.

Setelah Anda mengetahui arti letak jerawat di wajah ini, akan lebih mudah untuk Anda menemukan cara perawatan terbaiknya. Meskipun jerawat sulit untuk dicegah, tetapi Anda bisa melakukan beberapa tips di atas untuk menekan risiko munculnya jerawat. Jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk menentukan perawatan yang lebih tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Read More

Kulit Muka Mengelupas karena Psoriasis, Bantu Atasi dengan Cara Ini!

kulit muka mengelupas

Psoriasis merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang menyerang kulit. Psoriasis yang menyebabkan kulit muka mengelupas yaitu jenis psoriasis kulit kepala atau scalp psoriasis. Penyakit autoimun pada dasarnya akan berlangsung seumur hidup, namun dapat diringankan gejalanya melalui perawatan dan pengobatan yang tepat.   

Mengapa kulit muka mudah mengelupas?

Pada dasarnya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui penyebab psoriasis secara pasti. Beberapa teori menyebutkan, psoriasis disebabkan karena terjadinya peradangan di dalam tubuh sehingga terjadi produksi sel kulit yang berlebihan. Hasilnya plak menumpuk di permukaan kulit dan mengakibatkan kulit bersisik, mudah mengelupas, bahkan terluka.

Mekanismenya, sel T dalam sistem imun tubuh melakukan reaksi yang berlebihan. Fungsi sel T yaitu melindungi tubuh dari bakteri dan patogen lainnya. Reaksi sel T yang berlebihan ini mengaktifkan respon peradangan dan membuat sel kulit berkembang lebih cepat daripada keadaan normal.

Faktor risiko yang meningkatkan kejadian psoriasis yaitu jika seseorang memiliki riwayat keluaraga dengan penyakit psoriasis. Paparan UV yang berasal dari sinar matahari atau tanning bed juga menyebabkan psoriasis di wajah semakin memburuk. Begitu pula dengan kebiasaan merokok dan stres. 

Cara-cara yang bisa dilakukan

Perawatan yang dilakukan mungkin tidak bisa menyembuhkan peradangan kulit sepenuhnya, akan tetapi setidaknya mampu membantu memperbaiki kulit yang bersisik dan mengelupas serta mengurangi iritasi.

  • Perawatan mandiri

Anda bisa menggunakan pelembab yang akan memperbaiki kondisi kulit kering dan bersisik. Berdasarkan Indian Dermatology Online Journal, pelembab dapat membantu menormalkan hiperpoliferasi. Beberapa pelembab memiliki efek anti inflamasi sehingga mampu meningkatkan fungsi perlindungan kulit. Kandungan alami seperti lidah buaya dan jojoba berpotensi menenangkan kulit yang mengalami inflamasi.

Pilih sabun tanpa kandungan pewangi karena berisiko meningkatkan iritasi. Anda bisa memilih sabun dengan kandungan yang lembut seperti natrium laurat sulfat, natrium lauroil glisinat, minyak kedelai, atau minyak biji bunga matahari. Bahan-bahan tersebut membantu membersihkan kulit tanpa membuatnya kering.

  • Obat kortikosteroid

Kortikosteroid oles bisa mengurangi keluhan kulit penderita psoriasis, salah satu contohnya yaitu hidrokortison. Akan tetapi, obat ini hanya bisa digunakan dalam jangka pendek. Pasalnya, jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dan jumlah banyak, hodrokortison akan menimbulkan efek samping, diantaranya kulit menipis dan trasnparan serta mudah luka. 

Oleh karena itu, dokter biasanya merekomendasikan penggunaan obat steroid oles dengan jumlah sesedikit mungkin.

  • Terapi biologis

Bagi mereka dengan tingkat keparahan psoriasis sedang hingga berat dan tidak mampu diobati menggunakan steroid, terapi biologis bisa dilakukan. Terapi ini dapat menghentikan keparahan penyakit dan mengurangi iritasi kulit. Cara kerjanya yaitu dengan memblokir jenis protein tertentu atau sel dalam sistem imun yang memicu peradangan.

Berdasarakan Indian Journal of Dermatology, terapi biologis merupakan jenis pengobatan yang menggunakan agen biologis yang secara khusus ditargetkan ke mediator imun tubuh. Terapi ini diberikan melalui suntikan atau infus. Akan tetapi, terapi biologis tetap saja tidak bisa digunakan sebagai pengobatan yang dapat menyembuhkan psoriasis.  

Mengatur tingkat stres dan gaya hidup

Psoriasis yang berkembang di wajah dipicu oleh faktor stres. Gejala kulit wajah mengelupas dan iritasi pun akan semakin parah apabila penderita mengalami stres. Oleh karena itu, pengelolaan stres sangat dibutuhkan, salah satunya dengan cara mencari support system dari keluaraga maupun sesama penderita psoriasis lainnya melalui forum atau kelompok tertentu. Selain itu, gaya hidup juga membantu mengatasi tingkat keparahan psoriasis. Pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam serta mengatur aktivitas fisik dan olahraga secara teratur. Jangan lupa untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri terkait perkembangan penyakit.

Read More

Ada Jerawat di Lengan, Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Ada Jerawat di Lengan, Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Hadirnya jerawat memang bukan hal yang menyenangkan, bagaimana tidak benjolan kecil berwarna merah tersebut sering kali membuat seseorang tidak percaya diri. Belum lagi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh jerawat. 

Tetapi, jerawat tidak hanya muncul di wajah saja. Beberapa tempat sering kali menjadi tempat yang nyaman untuk tumbuhnya jerawat, seperti jerawat di lengan atau punggung. Sebenarnya apa penyebab dari jerawat tersebut dan bagaimana cara menghilangkannya? 

Jerawat di lengan

Memiliki jerawat di lengan kerap kali membuat Anda tidak percaya diri saat menggunakan baju tanpa lengan. Hampir sama dengan jerawat lainnya, jerawat yang berada di lengan ini tidak berbahaya dan sangat umum terjadi. 

Kondisi ini pun sering kali disamakan dengan masalah kulit yang bernama keratosis pilaris, hal ini disebabkan oleh protein yang menumpuk atau berlebihan di sekitar folikel rambut di kulit. Hasilnya, muncul benjolan yang kasar dan berwarna putih, coklat, atau merah. Umumnya, jerawat ini akan muncul di lengan atas, tetapi bisa juga muncul di tempat lain, seperti paha atau wajah. 

Benjolan ini sering kali terjadi pada remaja dan anak-anak yang sedang tumbuh besar. Namun, bagi sebagian individu memiliki risiko yang lebih besar memiliki benjolan ini, misalnya seperti orang dengan eksim. 

Bagaimana cara mengatasinya jerawat di lengan?
Meskipun  jerawat dapat hilang dengan sendirinya, namun tetap saja Anda ingin menghilangkannya secepatnya.  Nah, berikut cara mengatasi jerawat pada lengan dengan menggunakan lotion yang mengandung tiga bahan berikut:

  • Ceramide. Protein ini membantu kulit menahan kelembapan. Pelembab dengan ceramide dapat membantu mengurangi tekstur kasar pada kulit orang yang mengalami jerawat. Bahan ini juga membantu melawan eksim, jadi dapat digunakan untuk mengatasi eksim kulit. 
  • Urea. Urea adalah molekul alami yang membantu melarutkan protein keratin yang mengikat folikel. Pelembab dengan kandungan urea ini banyak dijual di apotek. Jika Anda mengunjungi dokter kulit, mereka pun dapat meresepkan krim tersebut dengan konsentrasi urea yang lebih tinggi. 
  • Ammonium laktat. Bahan ini juga dapat membantu melarutkan penumpukan yang menyebabkan benjolan dan kemerahan pada jerawat pada lengan. Bahan ini mungkin ini agak sedikit lengket. 

Lakukan beberapa cara berikut di rumah untuk mengatasi jerawat pada lengan, seperti:

  • Lakukan tindakan pencegahan seperti kekeringan kulit yang berlebihan, terutama di musim dingin yang lebih kering
  • Gunakan sabun lembut untuk kulit Anda
  • Oleskan kulit dengan lotion atau krim khusus yang mengandung ammonium laktat dan beberapa kandungan lain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya
  • Lakukan pijatan lembut lotion ke area yang terkena dua kali sehari

Jangan lakukan ini pada jerawat:

  • Jangan gunakan sabun atau pembersih yang keras
  • Jangan menggosok dengan kasar dan mencoba mengikis kulit
  • Jangan berharap hasil langsung dengan krim topikal
  • Jangan mengabaikan dan lakukan pencegahan

Untuk melakukan pencegahan, ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan kulit yang dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Kebersihan yang baik dapat mencegah kotoran dan keringat yang menyumbat pori-pori. Penting untuk mandi setelah berolahraga, dan mencuci pakaian secara teratur. 

Selain itu, sering menyentuh kulit dapat memindahkan lebih banyak minyak dan bakteri ke kulit dan infeksi pori. Apalagi jika Anda memencet jerawat, hal tersebut dapat merusak kulit dan dapat menyebabkan infeksi. Melakukan perawatan kulit dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Anda bisa menggunakan sabun lembut ataupun pelembab kulit setelah mandi. 

Jadi, jerawat di lengan jarang sekali menyebabkan komplikasi. Namun, perubahan warna kulit sementara yang disebut hipopigmentasi pascainflamasi atau hiperpigmentasi dapat terjadi setelah benjolan merah yang meradang kembali membaik atau kambuh sementara. Jadi, menjaga kulit tetap bersih dan lembap dapat Anda lakukan untuk menghindari jerawat muncul di lengan.

Read More

Sembuhkan Kulit Terbakar Matahari dengan 8 Cara Ini

Kulit terbakar matahari atau biasa disebut sunburn merupakan luka bakar yang dialami kulit karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Gejala yang muncul bisa beragam tergantung tingkat keparahan serta kondisi masing-masing kulit. Namun, kulit terbakar matahari pasti akan menyebabkan kerusakan apalagi jika dialami dalam jangka waktu yang lama. Umumnya, gejala yang muncul yaitu kulit berwarna kemerahan, nyeri, gatal, terdapat lepuhan berisi cairan. Pada kasus yang sudah parah, gejala bisa disertai dengan sakit kepala, mual, demam, hingga pingsan. Berikut ini merupakan 8 cara yang bisa dicoba untuk mengatasi kulit terbakar matahari. 

  1. Kompres air dingin

Mengompres dengan air dingin bisa menjadi pertolongan pertama pada kulit terbakar matahari. Namun, pastikan Anda tidak menempelkan es batu secara langsung ke kulit karena malah akan memperparah keadaan. Gunakan handuk bersih yang dibasahi dengan air dingin untuk mengompres atau bungkus es batu menggunakan kain kemudian tempelkan pada kulit. 

  • Mengoleskan lidah buaya

Selain kompres air dingin, mengoleskan lidah buaya bisa menjadi cara mengatasi kulit terbakar matahari. Gel lidah buaya yang dijual di pasaran bisa dihunakan asal tidak mengandung alkohol. Jika memungkinkan, gunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya.  

  • Perbanyak minum air putih 

Kulit terbakar matahari bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Hal ini disebabkan kulit yang luka tersebut menarik cairan ke permukaan. Untuk itu, sebaiknya perbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. 

  • Konsumsi OAINS

Obat antiinflamasi nonsteroid atau OAINS bisa membantu mengatasi rasa tidak nyaman pada kulit terbakar matahari. OAINS sebaiknya dikonsumsi sesegera mungkin setelah kulit terbakar matahari agar obat bekerja maksimal. Beberapa jenis OAINS yang mudah didapatkan yaitu naproxen dan ibuprofen. 

  • Hindari menyentuh kulit 

Ketika kulit terbakar matahari, biasanya muncul gejala berupa kulit melepuh dan berisi cairan. Agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat, hindari menyentuh area kulit terbakar matahari apalagi memecahkan lepuhan yang ada. 

  • Lindungi kulit terbakar matahari

Setelah melakukan berbagai hal untuk menyembuhkan kulit terbakar matahari, sebaiknya gunakan perban sementara agar kulit lebih terlindungi. Oleskan salep antibiotik sebelum menutup kulit terbakar matahari dengan perban. Pilih perban antilengket untuk menghindari kesulitan ketika membuka nantinya. Hindari membasuh kulit terbakar matahari menggunakan sabun karena mengandung bahan kimia dan bisa memperparah kondisi kulit. Jika terpaksa, gunakan bahan alami untuk membasuh kulit terbakar matahari.

  • Berikan krim pelembab 

Pada proses penyembuhan, kulit terbakar matahari akan menjadi kering dan mulai mengelupas. Berikan krim pelembab di area tersebut secara rutin. Pastikan krim pelembab tidak mengandung benzocaine karena dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi. 

  • Tetap berada di ruangan tertutup

Proses penyembuhan kulit terbakar matahari akan semakin lambat jika paparan sinar UV matahari terus diserap kulit. Oleh karena itu, sebaiknya tetap tinggal di dalam ruangan ketika kulit terbakar matahari belum sembuh. Jika terpaksa harus keluar ruangan, gunakan pakaian berlengan panjang sehingga kulit terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.  Jika berbagai cara di atas telah dilakukan namun kulit terbakar matahari tidak kunjung membaik, berkunjung ke dokter bisa menjadi solusi. Kondisi kulit terbakar matahari umumnya membutuhkan waktu satu minggu untuk penyembuhan. Pencegahan kulit terbakar matahari bisa dilakukan dengan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih, menggunakan pakaian tertutup ketika berada di luar ruangan, serta menghindari paparan matahari langsung. 

Read More

5 Manfaat Laser Wajah yang Buat Ketagihan

manfaat laser wajah

Perawatan wajah kini dipandang sebagai aset penting yang bisa menjaga kondisi wajah Anda hingga tua nanti. Tidak hanya mengandalkan berbagai krim dan perawatan wajah secara oles, banyak orang pun tak segan melakukan perawatan wajah premium seperti laser wajar guna memperoleh perbaikan kualitas wajah sesuai harapan.

Meskipun ongkos untuk melakukan laser wajah bisa dibilang tidak murah, manfaat laser wajah dinilai lebih efektif dibandingkan hanya mengandalkan krim oles. Karena itulah, banyak orang tak ragu melakukan perawatan yang satu ini.

Kalau Anda termasuk pihak yang masih ragu untuk melakukan laser wajah sebagai bentuk perawatan, kenali lebih dahulu berbagai manfaatnya. Manfaat-manfaat laser wajah di bawah ini nyatanya dapat membuat Anda ketagihan untuk selalu melakukan perawatan tersebut di hari-hari mendatang.

Atasi Jerawat dan Bekas Luka

Jerawat yang membandel dan bekas luka pada wajah pasti sangat mengganggu. Keberadaan bekas lukas dan jerawat tak ayal bisa membuat kepercayaan diri Anda tergerus. Mencoba menghilangkan jerawat dan bekas luka menggunakan krim perawatan wajah biasa nyatanya tidak selalu berujung mulus. Bahkan jika tidak cocok, jerawat akan semakin banyak serta bekas luka di wajah bisa semakin parah.

Menghilangkan jerawat membandel sekaligus menebas bekas luka di wajah menjadi salah satu manfaat laser wajah yang paling banyak diincar orang. Laser wajah dapat mengurangi produksi minyak pada wajah sehingga masalah jerawat hingga bekas lukas dapat teratasi.

Kencangkan Kulit Wajah

Ketika Anda memilih untuk melakukan laser wajah, Anda akan merasakan kulit wajah yang terasa mengencang setiap kali terapi dilakukan. Kulit yang terasa lebih kencang dikarenakan ketika Anda menjalani laser wajah, ada produksi kolagen yang dihasilkan dari perawatan tersebut.

Produksi kolagen mampu menstimulasi keluarnya sel-sel kulit baru mengganti sel kulit yang sudah mati. Dengan kulit wajah yang lebih kencang, wajah Anda pun akan terlihat lebih segar dan muda. 

Kecilkan Pori-pori

Masalah kulit wajah tidak sekadar jerawat ataupun bekas luka. Pori-pori kulit yang terlalu besar juga membuat tampilan wajah terlihat kurang sempurna, selain juga rentan menyebabkan munculnya komedo di muka.

Manfaat laser wajah untuk mengecilkan pori-pori menjadi salah satu keuntungan yang diincar oleh para konsumen laser wajah. Ini karena sangat sulit untuk mengecilkan pori-pori jika hanya mengandalkan krim perawatan wajah biasa.

Hilangkan Kerutan

Wajah Anda boleh jadi bebas jerawat ataupun memiliki pori-pori yang kecil, tapi apakah sudah bebas kerutan? Salah satu manfaat laser wajah yang paling diunggulkan adalah kemampuannya menghilangkan kerutan alami yang kerap muncul di wajah sebagai tanda penuaan.

Manfaat laser wajah dalam menghilangkan kerutan di wajah tak lepas dari asam amino dan kolagen yang dihasilkan pada proses perawatan. Di mana kedua komponen tersebut memicu pertumbuhan sel kulit baru yang menggantikan sel kulit yang sudah mati. Sel kulit baru sendiri bersifat lebih elastis dan membuat kerutan di wajah menghilang.

Cerahkan Kulit Wajah

Jika Anda memperhatikan lebih saksama, wajah orang yang rutin menjalani perawatan laser wajah akan terlihat lebih cerah. Bahkan kecerahannya jauh lebih unggul dibandingkan orang-orang yang hanya mengandalkan krim perawatan wajah biasa.

Wajah yang cerah setelah menjalani laser wajah dikarenakan perawatan ini secara tidak langsung berfungsi memutihkan kulit wajah Anda. Di samping itu, pigmen di wajah Anda dibuat lebih merata dengan laser sehingga secara keseluruhan wajah Anda tampak lebih cerah.

***

Wajah yang cerah sekaligus tampak muda selalu tentunya menjadi impian banyak orang. Karena itu ketika merasakan berbagai manfaat laser wajah di atas, bisa jadi Anda dibuat ketergantungan untuk menjaga kulit Anda selalu sempurna dengan teknik perawatan yang satu ini.

Read More

Menakar Keefektifan Akupuntur Wajah dari Risiko & Efek Sampingnya

Secara alami, akupuntur wajah dapat membuat seseorang memiliki kulit lebih muda, halus, dan sehat. Tidak seperti prosedur suntik, akupuntur wajah tidak hanya ditujukan untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan dini, tetapi juga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Perawatan ini baiknya dilakukan setelah Anda melakukan perawatan akupuntur di seluruh tubuh secara teratur. Jika Anda hanya meletakkan jarum dalam jumlah besar di wajah dan bukan di seluruh tubuh, ini akan mengakibatkan aliran energi yang tidak lancar di wajah Anda.

Sistem Kerja Perawatan Akupuntur Wajah

Akupuntur wajah dilakukan dengan memasukkan 40-70 jarum kecil dan tanpa rasa sakit. Saat jarum menusuk kulit, akan menimbulkan luka, yang disebut dengan mikrotrauma positif. Ketika tubuh merasakan luka-luka ini, tubuh akan masuk ke fase perbaikan yang dipercaya dapat membuat wajah cerah dan lebih muda.

Tusukan ini merangsang sistem limfatik dan peredaran darah, yang bekerja mengantarkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit Anda, sehingga memberi kulit yang bergizi dari dalam ke luar. Metode seperti ini juga membantu meratakan warna kulit dan meningkatkan kilau kulit Anda. Mikrotrauma positif juga bisa merangsang produksi kolagen, yang dapat membantu meningkatkan elastisitas, serta meminimalkan garis-garis halus dan kerutan.

Potensi Efek Samping dan Faktor Risiko Dari Akupunktur Wajah

Efek samping umum dari akupunktur meliputi:

  • Rasa sakit

Bagian wajah  yang mana jarum akupunktur dimasukkan bisa terasa lebih sakit setelah jarum dilepas. Pada titik –titik jarum yang dimasukan biasanya akan menimbulkan rasa nyeri ketika pasca perwatan dilakukan.

  • Memar

Memar biasanya akan nampak  di titik jarum ditusukkan pada wajah. Terkadang memar adalah akibat dari hematoma, kumpulan darah yang terlokalisir yang dimulai ketika jarum menusuk kulit. Memar, sayangnya, biasanya bertahan lebih lama dari rasa sakit akibat jarum akupunktur.

Untuk menghindari memar dan mendapatkan hasil terbaik, Anda perlu melakukan perawatan akupuntur wajah dalam kondisi kesehatan maksimal sehingga tubuh mampu melakukan penyembuhan dengan lebih baik.

Anda harus menghindari akupunktur (wajah dan seluruh tubuh) jika:

  • Anda memiliki kelainan pendarahan atau mengambil pengencer darah. Dalam hal ini, kemungkinan memar dan pendarahan jarum sangat tinggi.
  • Anda memiliki alat pacu jantung. Prosedur akupunktur tertentu yang melibatkan penggunaan pulsa listrik ringan dapat mempengaruhi fungsi alat pacu jantung Anda.
  • Kamu hamil. Akupunktur wajah dan seluruh tubuh tidak dianjurkan untuk wanita yang mencoba untuk hamil atau sudah hamil. Beberapa bentuk akupunktur dapat menginduksi persalinan pada wanita hamil, yang dapat menyebabkan kelahiran prematur.
  • Anda menderita diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol.

Perawatan Pasca-Akupuntur Wajah

Anda tidak perlu mengurung diri di dalam rumah, menghindari sinar matahari, atau berhenti melakukan pekerjaan rutin setelah melakukan akupunktur wajah. Merawat kulit Anda setelah akupunktur wajah sangat sederhana. Pastikan bahwa:

  • Anda menjaga diri Anda terhidrasi dan minum banyak cairan.
  • Ikuti gaya hidup sehat, olahraga teratur, dan lakukan diet seimbang.

Hasil akupunktur dapat bervariasi tergantung pada usia dan kebiasaan gaya hidup Anda. Sementara beberapa orang mungkin melihat hasil langsung, yang lain mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dan beberapa sesi untuk melihat hasinya.

Akupuntur wajah sebaiknya dilakukan sebanyak 10 sekali atau dua kali seminggu, untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika Anda telah memiliki kerutan atau masalah kulit lainnya, disarankan untuk melakukan 15 perawatan. Setelah perawatan akupuntur, Anda dapat melanjutkan ke spa sebagai tahap pemeliharaan kulit wajah yang sebaiknya dilakukan setiap 4-8 minggu. Perawatan ini memungkinkan tubuh untuk bersantai dan pemulihan.

Apakah Akupuntur Wajah Benar Bisa Membuat Awet Muda?

Tidak banyak penelitian yang membuktikan manfaat akupunktur wajah. Sebab sebagai metode tradisional, akupuntur wajah maupun metode pengobatan alternatif lain akan memiliki citranya sendiri. Biasanya, dan itu memang terjadi, pengobatan tradisional termasuk akupuntur wajah dapat diketahui manfaatnya berdasarkan penuturan atau cerita dari mulut ke mulut.

Anda dapat mencobanya jika Anda ingin tahu dan membuktikan keefektifan metode asli Tiongkok ini. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter dan pergi ke ahli akupunktur wajah yang berpengalaman. Pastikan juga Anda paham betul dengan risiko dan efek samping yang mungkin didapatkan.

Read More

Inilah 3 Manfaat Tummy Tuck atau “Mommy Makeover”

Perut termasuk bagian tubuh yang mudah sekali mengalami perubahan bentuk fisik, juga tempat akumulasi lemak. Naasnya, perut juga merupakan bagian tubuh yang sulit sekali dikembalikan bentuknya seperti semula. Wajar saja bila tummy tuck atau abdominoplasty banyak dipilih orang sebagai metode untuk meratakan perut dan memperkecil lingkar pinggang.

Tummy tuck, atau abdominoplasty dalam istilah medis, merupakan tindakan operasi untuk menghilangkan kelebihan lemak dan kulit. Prosedur ini juga dapat mengembalikan kekuatan otot, sehingga profil perut menjadi lebih mulus dan rata.

Penuaan, pasca persalinan, operasi yang pernah dijalani, hingga naik dan turunnya berat badan secara signifikan dapat membuat perut turun. Nah, prosedur tummy tuck umumnya dilakukan saat perut dirasa sudah sangat ‘turun’.

Namun, perlu dipahami bahwa tummy tuck bukanlah metode untuk menurunkan berat badan. Hasil dari prosedur ini juga tidak akan langsung terlihat secara permanen. Sebagai contoh, jika berat badan berubah secara signifikan, maka hasil tummy tuck  pun dapat ikut berubah. Kehamilan juga sudah pasti akan turut mengubah hasil tummy tuck atau mommy makeover ini, maka bagi perempuan yang masih berencana hamil, sebaiknya menunda untuk melakukan tummy tuck.

Manfaat tummy tuck bagi kesehatan

Prosedur tummy tuck sebetulnya bukan hanya memberikan manfaat bagi penampilan, dalam hal mengembalikan postur tubuh, terutama merampingkan bagian perut dan pinggang, melainkan ada manfaat lain bagi kesehatan dari prosedur ini, antarai lain:

1. Meredakan inkontinensia urin

Inkontinensia urin atau Stress Urinary Incontinence (SUI) merupakan suatu kondisi di mana keinginan buang air kecil sulit dikendalikan, sehingga penderitanya sering mengompol. Batuk, bersin, berolahraga, atau tertawa saja dapat membuat seorang penderita SUI mengompol.

Tindakan tummy tuck dapat membantu meredakan inkontinensia urin. Apalagi bila pasien adalah seorang perempuan yang belum pernah melahirkan dengan prosedur cesar, maka prosedur ini dapat lebih efektif.

Mengapa mommy makeover atau tummy tuck dapat meredakan inkontinensia urin? Sebab selama prosedur tersebut akan dilakukan obstruksi kandung kemih di dekat area panggul. Dengan demikian, inkontinensia urin akan berkurang.

2. Postur tubuh lebih baik

Otot perut sebagian besar orang akan menjadi longgar, setelah mengalami perubahan berat badan ekstrem atau beberapa kali kehamilan. Mengatur pola makan dan rutin berolahraga tentu akan membantu, namun kadang hasilnya tidak signifikan.

Pada kondisi otot yang sudah longgar, memang dibutuhkan tindakan untuk membuat otot kembali kencang. Secara medis, prosedur tummy tuck dapat membantu membuat otot kembali kencang. Tak hanya itu, prosedur ini juga menghilangkan kelebihan lemak dan kulit. Dampaknya, perut menjadi lebih rata.

Kaitannya dengan postur tubuh, ketika otot abdominal atau area perut lebih kencang, maka tubuh akan menjadi lebih tegap. Pada beberapa orang, perubahan ini berdampak signifikan pada berkurangnya rasa nyeri di area tulang belakang.

3. Mengatasi hernia ventralis

Pada beberapa orang yang mengalami perubahan berat badan signifikan, menjalani operasi cesar atau operasi usus buntu, kadang muncul tonjolan dari dinding perut yang mencuat ke jaringan ikat. Kondisi tersebut dinamakan hernia ventralis.

Dan seseorang yang pernah mengalami hernia ventralis, sangat mungkin mengalaminya secara berulang. Hal tersebut terjadi karena otot-otot perut cenderung lemah.

Dengan prosedur tummy tuck otot abdominal yang lemah dapat menjadi lebih kuat, sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya hernia ventralis. Bila Anda berpikir untuk melakukan tummy tuck, sebaiknya lakukan riset dan berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu. Serta hanya lakukan prosedur tersebut dengan dokter yang telah tersertifikasi.

Read More