Mengenal Lebih Dekat Xenophobia dan Cara Mengatasinya

Mengenal Lebih Dekat Xenophobia dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mendengar istilah xenophobia? Ini adalah istilah untuk merujuk pada sekelompok indovodu yang merasa takut atau mendiskriminasi orang yang dianggapnya asing. 

Mengenai Apa Itu Xenophobia

Xenophobia atau xenofobia adalah ketidaksukaan atau ketakutan pada orang-orang yang dianggap asing atau yang dianggap berbeda dari dirinya. Umumnya, xenofobia melibatkan keyakinan dari individu tersebut bahwa kelompok asalnya dengan orang-orang “asing” yang berasal dari luar kelompoknya memiliki konflik. 

Biasanya xenofobia disamakan dengan homofobia dan rasisme. Namun, berbeda dari homofobia dan rasisme, xenofobia dilatarbelakangi oleh persepsi bahwa mereka atau orang-orang yang berasal dari luar kelompoknya adalah orang asing.

Orang yang xenofobia biasanya akan menganggap dan percaya bahwa budaya dan negara mereka sendiri lebih hebat dibanding budaya orang asing. Mereka akan tidak ingin ada pendatang masuk ke komunitasnya.

Jenis Xenophobia

Ketika berbicara mengenai xenophobia, ada 2 jenis xenofobia yang perlu dikenali, yaitu:

  • Xenofobia budaya yaitu jenis yang “ketakutan” berupa penolakan objek, tradisi maupun simbol yang terkait dengan kebangsaan atau kelompok lain. Yang termasuk xenophobia budaya termasuk pakaian, bahasa, musik, serta tradisi lain yang berkaitan dengan budaya.
  • Xenophobia Imigran, yaitu jenis yang melibatkan penolakan orang-orang yang biasanya tidak dipercayai oleh seseorang dengan xenophobia. Biasanya juga xenofobia imigran bisa berupa penolakan orang dari bangsa atau agama lain dan bahkan menyebabkan permusuhan, penganiayaan, kekerasan, hingga genosida.

Karakteristik Orang dengan Perilaku Xenophobia

Meskipun xenophobia biasanya diekspresikan dengan cara yang beragam rupa. Namun, ada beberapa perilaku umum yang biasanya ditunjukkan oleh orang dengan xenophobia ini, yaitu:

  • Sulit bekerja dengan rekan kerja yang memiliki budaya, agama, dan ras yang berbeda
  • Merasa tidak nyaman saat berada di sekitar orang berasal dari kelompok berbeda atau orang yang dianggap asing
  • Menolak dengan siapa saja atau orang asing yang memiliki cara berpakaian, warna kulit, atau hal lain yang berbeda dari dirinya
  • Akan berusaha sebisa mungkin menghindari area atau wilayah tertentu

Tips Mengurangi atau Menghilangkan Xenophobia yang Ada dalam Diri Sendiri

Jika Anda merasa memiliki sikap xenophobia, Anda bisa mencoba tips berikut ini agar mengurangi atau menghilangkan  xenophobia dalam diri Anda. Berikut tipsnya.

  1. Perluas Pengalaman Melihat Budaya Lain

Biasanya orang yang memiliki kecenderungan xenophobia karena sedikit paparan dan interaksi dengan budaya lain di luar komunitas Anda. Anda bisa mengatasi xenophobia dengan melakukan perjalanan menikmati budaya dan negara atau kota lain. Jangan mikir jauh-jauh, mulai lah dari kota yang dekat dengan tempat tinggal Anda sekarang.

  1. Mempelajari Budaya Lain

Ada banyak orang yang takut dengan sesuatu yang bahkan belum mereka ketahui. Termasuk pada orang yang memiliki kecenderungan memiliki perilaku xenophobia ini. Jika Anda memiliki bibit xenophobia, sebaiknya pelajari budaya atau cari tahu mengenai daerah lain. Bisa dengan menonton film, melihat video di internet, atau dengan membaca buku yang membahas seputar budaya lain.

  1. Menemui Ahli Kejiwaan

Ketika Anda merasa sudah banyak bergaul dengan orang yang dianggap asing, atau sudah mempelajari mengenai daerah atau budaya di tempat lain, namun masih memiliki kecenderungan xenofobia, hal yang bisa dilakukan adalah menemui psikiater atau psikolog. 

Dokter atau orang yang ahli masalah kejiwaan akan memberikan berbagai terapi untuk menangani perilaku xenophobia ini. Terapi yang diberikan berupa terapi perilaku kognitif, serta pemberian obat-obatan untuk meredakan rasa cemas yang dimiliki oleh mereka yang mengalami xenophobia ini.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*