Waspadai Bila Anda Sering Mulas, Mungkin Itu GERD

waspada mulas gerd

Jangan abaikan rasa mulas yang sering terjadi karena bisa saja itu adalah GERD. Menurut pakar gastroentologi, Joel Richter, setiap orang pasti pernah merasakan mulas tetapi saat rasa mulas itu semakin parah, dua sampai tiga kali seminggu misalnya, itu bisa saja gejala GERD.

GERD dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari karena mengakibatkan sakit tenggorokan dan nyeri pada dada.

Ketika Anda mulas parah

Studi di Amerika menyebutkan bahwa 15 juta warga Amerika baik anak-anak maupun orang dewasa mengalami GERD. Banyak dari mereka yang mengalami mulas sebagai gejala awal. Akar dari permasalahan ini adalah lemahnya katup pemisah antara kerongkongan dan perut.

Alasan pasti mengapa hal ini bisa terjadi masih menjadi pertanyaan di antara para ahli namun para dokter menyimpulkan bahwa katup sering tidak berfungsi dengan baik pada orang-orang yang:

  • Memiliki kelebihan berat badan. Lemak yang tertimbun pada perut dapat menekan katup sehingga menjadi lemah dan terbuka
  • Hamil. Saat masa kehamilan, hormon berperan penting dalam melemaskan katup. Dan karena janin yang terus berkembang, tekanan pada perut semakin besar dan membuat asam lambung naik
  • Menderita hiatal hernia. Kelainan pada abdomen yang menyebabkan otot katup tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

GERD bisa saja ditandai dengan rasa mulas parah termasuk kesulitan menelan dan gumpalan yang terasa di kerongkongan. Jika tidak segera dilakukan tindakan dan perubahan pola hidup sehat, gejala ini akan semakin parah.

Perubahan pola hidup dapat mencegah GERD

Sering mengalami mulas parah? Mungkin ini saatnya mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat. Mulai dari pola tidur hingga cara makan – pola hidup sehat dapat membantu Anda menghindari mulas dan gejala GERD lainnya.

Jika Anda memiliki kelebihan berat badan, tak ada salahnya mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan menurunkan berat agar lebih ideal. Dalam GERD, berat badan menjadi salah satu faktor penting untuk mencegah komplikasi terjadi. Menurut penelitian, mulas parah kerap terjadi pada orang-orang berbadan gemuk atau yang mengalami obesitas. Mulas ini disertai iritasi di bagian kerongkongan.

Terlalu banyak makan juga menyebabkan rasa mulas yang parah karena refluks asam lambung. Terutama saat makan malam dimana orang cenderung makan lebih banyak.

Meski begitu, kondisi GERD setiap orang berbeda-beda dan menghindari makanan tertentu seperti makanan pedas ataupun makanan asam, belum tentu bisa menyembuhkan GERD.

Pengobatan untuk mulas parah

H2 blocker dan proton pum inhibitor adalah dua kandungan obat yang sering digunakan untuk mengatasi mulas parah. Keduanya berfungsi untuk mengurangi jumlah produksi asam lambung sehingga tidak sampai naik ke kerongkongan.

Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dapat membantu Anda menentukan apakah kondisi mulas yang Anda alami termasuk dalam gejala GERD atau tidak:

  • Apakah Anda mengalami mulas lebih dari tiga kali dalam seminggu?
  • Apakah Anda sering mengalami rasa panas dan nyeri di bawah tulang dada?
  • Apakah gejala yang Anda alami semakin parah setelah makan?
  • Apakah Anda tidak bisa lepas dari Antacid untuk meredakan gejala Anda?
  • Apakah gejala yang Anda alami semakin parah saat Anda berbaring?
  • Apakah mulut Anda terasa asam?
  • Apakah Anda kesulitan tidur di malam hari?
  • Apakah Anda memiliki asma yang semakin parah ketika sedang mulas?
  • Apakah suara Anda menjadi parau saat mulas?
  • Apakah gejala-gejala mulas tersebut menganggu rutinitas Anda?

Jika sebagian besar jawabannya adalah iya, maka kemungkinan besar Anda terkena GERD.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*