Obat Batu Ginjal Alami dan Efektif

Batu ginjal merupakan gangguan kesehatan yang umum dijumpai. Mengeluarkan batu ini dari dalam tubuh dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Sayangnya, mereka yang pernah menderita batu ginjal memiliki kemungkinan untuk menderita penyakit ini kembali di kemudian hari. Untungnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko tersebut, sekaligus sebagai bentuk perawatan batu ginjal. Artikel ini akan membahas obat batu ginjal alami sebagai bentuk perawatan rumahan yang bisa Anda lakukan. Namun, penting untuk diingat. Bicarakan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum melakukan hal-hal tersebut di bawah ini. Dokter akan memberitahu apakah perawatan rumahan tersebut cocok untuk kondisi Anda atau malah dapat membuat komplikasi tambahan yang baru.

Tetap terhidrasi adalah kunci

Meminum banyak air adalah obat batu ginjal pertama dan bagian penting dalam mengeluarkan dan mencegah batu ginjal baru untuk terbentuk kembali. Cairan tidak hanya akan membersihkan racun dari tubuh, tetapi juga membantu menggerakkan batu ginjal dari saluran kemih. Tambahkan asupan air Anda, yang biasanya hanya 8 gelas sehari menjadi 12 gelas sehari untuk mempercepat pengeluaran batu ginjal. Setelah batu ginjal berhasil keluar, Anda tetap disarankan meminum 8 hingga 12 gelas air setiap harinya karena dehidrasi merupakan faktor risiko utama penyebab terbentuknya batu ginjal. Anda juga perlu memperhatikan warna air seni. Warna air seni yang sehat adalah kuning pucat. Air seni berwarna kuning gelap merupakan tanda dehidrasi.

Jus lemon dan kemangi

Anda bisa menambah perasan lemon segar ke dalam air minum. Buah lemon mengandung sitrat, yang mana merupakan zat kimia yang dapat mencegah pembentukan batu kalsium. Sitrat juga dapat memecah batu-batu kecil, yang dapat membantu batu tersebut keluar dari dalam tubuh dengan mudah. Selain itu, jus lemon juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain, salah satunya adalah membantu menghambat pertumbuhan bakteri.

Selain lemon, Anda juga bisa membuat teh kemangi atau membuatnya menjadi jus dan smoothie. Daun kemangin mengandung asam asetat, yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal dan mengurangi rasa sakit. Daun kemangi juga banyak mengandung nutrisi yang menyehatkan. Obat batu ginjal ini sudah sering digunakan secara tradisional untuk mengatasi gangguan peradangan dan pencernaan. Di dalam daun kemangi terkandung senyawa antioksidan dan anti-peradangan yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal. Namun, penting untuk diingat bahwa Anda jangan mengonsumsi jus kemangi selama lebih dari 6 minggu berturut-turut. Konsumsi yang banyak dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan turunnya gula darah, tekanan darah rendah, dan pendarahan yang meningkat.

Batasi makanan yang tinggi oksalat

Oksalat merupakan antinutrient yang banyak ditemukan di tanaman, termasuk sayuran hijau, buah, dan cokelat. Tubuh manusia juga memproduksi oksalatnya sendiri. Konsumsi oksalat yang tinggi dapat meningkatkan pengeluaran oksalat di air seni, yang dapat menjadi masalah bagi mereka yang mudah membentuk kristal oksalat kalsium. Oksalat dapat mengikat mineral dan kalsium lain untuk membentuk kristal yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Meskipun sangat tidak nyaman, Anda bisa mengeluarkan batu ginjal melalui urin. Anda bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan acetaminophen untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Namun, pastikan Anda terus melanjutkan perawatan yang telah diresepkan oleh dokter, meminum obat batu ginjal, dan tidak meminum alkohol hingga batu ginjal benar-benar keluar. Anda juga bisa menambahkan perawatan rumaha yang disebutkan di atas.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*