Obati Sariawan di Lidah Tanpa Obat

Sariawan merupakan salah satu akibat dari infeksi yang disebabkan oleh jamur yang disebut candida atau C. albocans. Nah, mulut merupakan salah satu tempat yang paling umum jamur tersebut menetap. Sariawan mulut dapat terjadi pada anak-anak maupun dewasa.

sariawan di lidah

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sariawan di lidah atau mulut Anda. Menariknya, kali ini Anda tak perlu menggunakan obat untuk mengobatinya, cukup beberapa bahan yang ada di rumah dan sangat mudah ditemukan.

Pengobatan rumahan sariawan di lidah

Jika sariawan terjadi pada mulut ataupun lidah Anda, ada baiknya untuk segera mengobati infeksi tersebut. Akan tetapi, beberapa pengobatan rumahan berikut dapat membantu meredakan gejala infeksi yang terjadi apda lidah dan sekitar mulut Anda.

  • Air asin

Salah satu pengobatan sariawan di lidah menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah adalah air garam atau air asin. Garam memiliki khasiat antiseptik, pembersih, dan menenangkan. Air asin sering kali menjadi obat rumahan untuk banyak masalah pada mulut, termasuk sariawan di lidah.

Caranya adalah dengan melarutkan ½ sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat. Lalu kumur larutan tersebut pada mulut Anda, dan kelaurkan larutan garam tersebut. Jangan lupa untuk membilas mulut setelah berkumur dengan air garam.

  • Soda kue

Soda kue atau natrium bikarbonat pun bisa menjadi pilihan dalam mengobati sariawan di lidah. Pada sebuah penelitian, para peneliti melihat keefektifan natrium bikarbonat sebagai disinfektan C. albicans yang melekat pada mulut. Cara mengobati sariawan di lidah dengan soda kue adalah dengan melarutkan ½ sendok teh soda kue dalam 1 cangkir air hangat. Setelah larut, kumur-kumur ke seluruh mulut dan keluarkan.

  • Yogurt

Bahan yang biasa terdapat di rumah yang bisa mengaobati sariawan pada lidah adalah yogurt. Yogurt probiotik mengandung kultur bakteri baik yang untuk mengobati sariawan. Selain itu, yogurt pun dapat membantu memulihkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di dalam mulut.

Cara untuk mengobati sariawan di mulut adalah dengan makan yogurt beberapa kali sehari saat gejala awal sariawan di lidah muncul. Di sarankan untuk memilih yogurt tanpa pemanis karena candida tumbuh subur dengan gula. Akan tetapi, jika Anda tidak menyukai yogurt, bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi suplemen probiotik setiap hari.

  • Lemon

Lemon yang di jus dianggap memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang membantu melawan jamur penyebab sariawan di lidah atau mulut. Ambil setengah buah lemon yang telah diperas atau di jus ke dalam 1 cangkir air hangat atau dingin. Minum ramuan tersebut atau gunakan sebagai obat kumur. Akan tetapi, beberapa orang mengobatinya dengan cara mengoleskan lemon pada lidah yang sariawan, meskipun dapat menimbulkan rasa nyeri atau seperti terbakar.

  • Cuka Apel

Bagi orang dengan gigi palsu biasanya memiliki risiko lebih tinggi terkena sariawan. Gigi palsu yang tidak pas atau yang tidak dibersikan dengan baik dapat membuat bakteri Candida untuk berkembang sehingga menyebabkan sariawan di lidah atau mulut.

Cuka apel memiliki sifat anti jamur yang dapat melawan bakteri Candida dan mungkin bisa menjadi alternatif untuk mengobati sariawan. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh cuka apel ke dalam 1 cangkir air. Setelah diaduk, kumur ke seluruh bagian mulut setidaknya selama 15 detik dan keluarkan.

  • Vitamin C

Vitamin C yang juga disebut asam askorbat diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan yang tepat. Jika Anda rutin mengonsumsi vitamin C, maka tubuh akan terlindungi dsri infeksi, termasuk sariawan. Sistem kekebalan yang sehat tentu akan memabntu mengembalikan keseimbangan dalam tubuh. Meningkatkan asupan vitamin C jika Anda kekurangan dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi. Beberapa pengobatan untuk sariawan di lidah ini diharapkan dapat meringankan gejala, tetapi tidak selalu menyembuhkan infeksi pada jamur. Pengobatan rumahan tanpa obat tersebut dimaksudkan untuk bertambahnya infeksi jamur pada mulut. Selamat mencoba

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*