Selain Meningkatkan Kebugaran Tubuh, Ini Manfaat Senam Lansia

Memasuki usia lanjut bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Untuk usia lanjut, dianjurkan untuk melakukan senam lansia yang bermanfaat untuk membuat tubuh Anda lebih sehat, mencegah penyakit datang, dan bisa membuat usia Anda terasa lebih panjang. Senam pada dasarnya adalah serangkaian gerakan yang teratur, terarah, serta terencana yang dilakukan secara tersendiri atau berkelompok. Seperti olahraga pada umumnya, senam lansia dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fungsional fisik bagi orang yang menjalankannya.

Di Indonesia, senam juga seringkali dikenal sebagai aerobik, yang merupakan aktivitas fisik yang dapat memacu jantung dan peredaran darah serta pernapasan. Bila dilakukan dalam jangka panjang, gerakan ini akan mendatangkan perbaikan dan manfaat kepada tubuh. Senam lansia bias dilakukan secara teratur minimal sehari dilakukan dalam waktu 30 menit. Dalam seminggu, senam ini bisa dilakukan 4 hingga 5 kali untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Lansia yang aktif bergerak dan berolahraga terbukti lebih sehat dan memiliki risiko yang lebih kecil terhadap penyakit kronis. Selain itu, lansia yang aktif bergerak juga lebih sedikit menderita gangguan kognitif, fungsi fisik, dan mentalnya juga masih terbilang baik ketimbang yang jarang olahraga. Senam lansia bisa menjadi salah satu cara bagi para lanjut usia ini untuk menggerakkan tubuhnya. Berikut manfaat senam lansia:

  • Meningkatkan kekuatan tubuh

Umumnya, senam ini memiliki gerakan dan kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan senam aerobik pada umumnya. Manfaat senam lansia antara lain meningkatkan kekuatan tubuh agar dapat beraktivitas dan gerakan tubuh lebih maksimal. Setidaknya, melakukan gerakan senam ini selama 30 menit sehari, Anda telah melakukan salah satu latihan yang dapat menunjang kondisi kesehatan Anda.

  • Menambah energi

Saat pertama kali memulai senam, tubuh mungkin akan terasa kelelahan. Namun, jika Anda melakukannya secara teratur, lama-kelamaan stamina tubuh akan meningkat dan rasa lelah akan berkurang. Kekuatan jantung, paru-paru, tulang, hingga otot Anda juga akan meningkat, seiring berjalannya waktu.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Melakukan senam aerobik akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan dapat memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

  • Mencegah dan menunda penyakit, jantung, diabetes, dan osteoporosis

Senam lansia juga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes serta yang paling penting dapat menunda osteoporosis. Berolahraga secara teratur dapat membantu mengatur kadar insulin di tubuh, sehingga kadar gula darah pun akan ikut terkontrol.

  • Meningkatkan mood dan mencegah depresi

Manfaat senam lansia juga akan terasa bagi kondisi mental. Sebab, olahraga ini ternyata juga bisa membantu meringankan gejala depresi dan mengurangi ketegangan yang berkaitan dengan gangguan kecemasan. Dengan melakukan senam lansia ini pun akan membuat Anda menjadi lebih rileks.

  • Meningkatkan fungsi kognitif atau cara kerja otak

American Council on Exercise juga menunjukkan bahwa senam lansia dapat membantu meningkatkan daya ingat para orang tua. Hal ini dikarenakan senam lansia dapat memperlambat hilangnya jaringan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*