Seorang Pemimpin Harus Bersedia Mengambil Tanggung Jawab

Siapa yang akan melupakan kalimat www.jayawarta.com terkenal dari kakek Peter Parker, “Dengan kekuatan besar, datang tanggung jawab besar.” Masyarakat mengharapkan Spiderman, sebuah buku komik, TV, dan superhero film, bertanggung jawab untuk menyelamatkan kotanya, atau bahkan dunia, dalam beberapa kasus, dari kejahatan karena ia memiliki kekuatan super.

Dari semua episode dia muncul, dia tidak pernah mengecewakan kita. Dengan kekuatan yang dimilikinya, ia memastikan untuk bertanggung jawab dalam menggunakannya untuk kebaikan orang-orang di sekitarnya.

KEPEMIMPINAN (FUNGSI, TANGGUNG JAWAB, DAN CIRI PEMIMPIN) | Shining  BlingBling

Kepemimpinan sama sekali tidak berbeda dengan menjadi pahlawan super. Ya, Anda mungkin tidak memiliki kekuatan super seperti Superman dan Spiderman, tetapi Anda memiliki otoritas untuk memimpin orang lain menuju kesuksesan. Ini jauh lebih besar dan lebih kuat karena ini adalah kekuatan yang dapat digunakan oleh orang-orang nyata di dunia nyata ini.

Oleh karena itu, menjadi seorang pemimpin membutuhkan rasa tanggung jawab yang besar, kualitas kedua yang harus dicapai oleh seorang pemimpin yang sukses.

Kekuatan untuk memimpin orang-orang Anda menuju tujuan visi Anda datang dengan tanggung jawab seperti memastikan mereka berada di arah yang benar, menyadari tugas dan kesalahan setiap orang, dan mengembalikan mereka ke jalur yang benar ketika mereka tersesat.

Siapa bilang jadi pemimpin itu mudah? Yah, itu tidakā€¦ Itu datang dengan banyak tanggung jawab. Pemimpin sejati bersedia menerima mereka semua.

Ada beberapa contoh di mana kadang-kadang membuat kita merasa lebih baik untuk menyalahkan seseorang atau sesuatu yang lain ketika ada yang tidak beres dalam suatu tugas. Namun, ini tidak boleh dilakukan, terutama oleh seorang pemimpin yang baik!

Seorang pemimpin harus bertanggung jawab penuh atas suatu tugas – tidak hanya sebelum dia menerimanya, tetapi juga setelah tugas itu diselesaikan. Sebanyak dia bertanggung jawab atas kesuksesan timnya, dia juga harus bertanggung jawab atas kegagalan apa pun. Dia mewakili seluruh tim jadi apa pun yang terjadi padanya, dialah yang bertanggung jawab.

Membuat alasan dan menyalahkan sesuatu atau orang lain untuk pekerjaan yang gagal bukanlah kualitas pemimpin yang baik. Apa yang harus dia lakukan, sebaliknya, adalah menerima kenyataan bahwa ada sesuatu yang salah dengan organisasi, bahkan jika itu bukan kesalahannya.

Adalah normal untuk membuat kesalahan. Faktanya, kesalahan adalah kesempatan untuk belajar sesuatu yang lebih baik. Sebagai seorang pemimpin, ia harus memastikan bahwa anggota tim belajar dari kesalahan ini dan kesalahan ini tidak akan terulang lagi di lain waktu.

Anda mungkin tidak memiliki kendali penuh atas orang lain dan tidak diharapkan memiliki kendali penuh atas tindakan mereka, tetapi Anda memiliki kendali penuh atas reaksi Anda sendiri. Mengetahui apa yang harus dilakukan dalam situasi tak terduga dan tak terduga akan membuat Anda bertanggung jawab, sehingga memberi Anda perasaan berkuasa.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.